Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Cara Mempertajam Daya Ingat

3 Cara Mempertajam Daya Ingat

Ingat lagu "Should auld acquintance be forgot"? Lagu yang identik dengan perayaan tahun baru ini, seakan menyentil kita tentang kemungkinan melupakan sebuah kejadian atau seseorang seiring waktu berlalu.

Sebenarnya hal itu tak perlu terjadi, jika kita tahu cara jitu mempertahankan daya ingat. Beberapa penelitian yang telah dilakukan di luar negeri dapat menjadi panduan.

Makanan bergizi


Peneliti dari Belanda menemukan bahwa brokoli dan jenis buah beri mengandung hormon alami yang mampu memperbaiki fungsi memori. Kesimpulan ini diambil setelah 394 perempuan yang menjadi responden penelitian, mengalami peningkatan memori sebanyak 49%. Mereka mengonsumsi 1 gr beri dan 1 gr brokoli setiap hari.

Membatasi alkohol


Penelitian yang dilakukan oleh para ahli dari Universitas Wisconsin – Madison, USA menemukan bahwa orang yang mengonsumsi alkohol 2 – 3 gelas per minggu, memiliki risiko 6% lebih tinggi, mengalami penurunan daya ingat, dibandingkan orang yang tidak mengonsumsi alkohol atau hanya mengonsumsinya 1 gelas seminggu.

Mengendalikan berat badan


Kelebihan bobot tubuh meningkatkan risiko penurunan memori. Hal ini ternyata disebabkan karena produksi hormon insulin yang cenderung menurun saat bobot tubuh seseorang bertambah. Kesimpulan ini didapatkan para peneliti di Universitas Washington, USA.


Sumber: conectique.com