Skip to main content

Cara Mengupas Kentang Kecil dengan Mudah

Cara Mengupas Kentang Kecil dengan Mudah

Cara Mengupas Kentang Kecil dengan Mudah - Kentang mudah ditemukan dimana saja. Mulai dari warung sebelah rumah, pasar tradisional, hingga supermarket besar pasti menjual kentang. Harganya yang relatif murah membuat banyak orang menambahkan kentang sebagai bahan masakan sehari-hari.

Kentang mudah diolah menjadi berbagai macam jajanan dan masakah yang nikmat menggugah selera. Kentang biasa dibuat menjadi perkedel, digoreng ala french fries, hingga dijadikan campuran masakan seperti rendang dan aneka sop.

Bahkan cukup dengan direbus, dikukus, atau digoreng tanpa bumbu pun sudah cukup lezat. Meski demikian, semua orang pasti setuju bahwa proses mengupas kentang adalah proses yang paling lama dan memakan waktu.

Proses mengupas kentang cukup merepotkan dan jika tidak terbiasa maka hasilnya tidak bersih. Meskipun kentang bisa dikonsumsi bersama dengan kulitnya, banyak orang lebih memilih membuangnya sehingga proses memasak akan memakan waktu lebih lama.

Kentang yang ada di pasaran ada berbagai macam jenis. Mulai ari kentang biasa atau kentang reguler yang berukuran besar, hingga kentang yang berukuran kecil atau yang lazim disebut kentang mini. Kentang mini ini lazim dijadikan cemilan dengan cara dikukus atau digoreng kering.

Jika mengupas kentang biasa masih bisa dianggap mudah oleh sebagian orang, maka lain halnya dengan mengupas kentang kecil. Bentuknya yang mini akan membuat tangan kamu rawan terkena pisau tajam saat sedang mengupas kentang.

Buat kamu yang sedang mencari cara mengupas kentang kecil dengan mudah, kali ini saya akan membagikan tips yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah. Untuk mengupas kentang mini bahkan tak perlu memakai alat apapun, cukup dengan tangan saja. Kok bisa? Yuk simak caranya!

Cara Mengupas Kentang Mini


Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mencuci kentang hingga bersih dari tanah dan kotoran. Jika perlu, sikat dengan gosok gigi bekas atau sikat khusus buah dan sayur.

Siapkan air dalam panci dan panaskan hingga mendidih. Masukkan kentang yang sudah dicuci ke dalam air mendidih dan rebus selama 2-3 menit tergantung banyaknya kentang yang dimasukkan.

Untuk cara mengupas kentang supaya tidak hitam nantinya, tambahkan sejumput garam dapur ke dalam air rebusan tadi.

Sembari menunggu kentang direbus, siapkan wadah dan isi dengan air es. Kamu juga bisa memasukkan es batu ke dalam air biasa, yang penting airnya menjadi sangat dingin.

Setelah dirasa cukup, tiriskan kentang rebus tadi kemudian segera masukkan ke dalam wadah berisi air es tadi. Diamkan selama kurang lebih 10 hingga 15 detik.

Sekarang tarik kulit kentang dari 2 sisi dengan jari kamu. Kamu akan kaget melihat begitu mudahnya kulit kentang dilepas dari umbinya. Kentang yang sudah bersih dari kulitnya ini kemudian bisa kamu olah menjadi makanan lain sesuai selera. Selamat mencoba 😋

Silahkan tulis pesan sesuai topik artikel. Dilarang pasang komentar SPAM dan SARA!
Buka Komentar
Tutup Komentar