Skip to main content

Inilah Bahaya Makan Jantung Pisang

Inilah Bahaya Makan Jantung Pisang

Jantung pisang biasa dimanfaatkan sebagai salah satu olahan sayur yang lezat. Jantung pisang in English disebut banana flower bud atau banana blossom ini dikenal punya banyak manfaat. Tapi di baliknya juga ada bahaya kesehatan. Inilah bahaya makan jantung pisang yang harus kamu tahu.


Dalam masyarakat kita, jantung pisang biasa dimanfaatkan sebagai bahan sayuran. Kita biasa mengolahnya dengan cara direbus, ditumis, atau dikukus seperti pada masakan padang dan gulai santan.

Ada juga yang berinovasi dengan menciptakan panganan baru dari olahan jantung pisang seperti denjapi (dendeng jantung pisang) atau bonjapi (abon jantung pisang). Jantung pisang kaya akan gizi dan serat sehingga baik untuk kesehatan.

Pengertian Jantung Pisang


Jantung pisang yang memiliki nama latin Musa, sp ini sebenarnya adalah bagian bunganya. Jika dirasa cukup umur, jantung pisang akan dipotong dari pohonnya agar pertumbuhan buah pisang bisa maksimal.

Ukurannya bervariasi tergantung jenis pisang. Ada yang hanya seukuran telapak tangan, ada juga yang hampir sebesar lengan orang dewasa. Jantung pisang segar memiliki getah yang lengket, kamu harus berhati-hati saat mengolahnya.

Manfaat Jantung Pisang Menurut Ahli


Jantung pisang diketahui mеngandung Vitamin A, B, C, E, ѕеrat, tiamin, nіaѕіn, dan aѕam рantоtеnat. Mineral yang terkandung diantaranya kalsium, magnеѕіum, fоѕfоr, tеmbaga, mangan, besi, kalium, seng, рrоtеіn, dan karbоhіdrat.

Dengan banyaknya vitamin dan mineral ini, jantung pisang memiliki sifat antі baktеrі, antі mіkrоba, antі kankеr, anti virus, antі іnflamaѕі, dan antі оkѕіdan. Dengan demikian, sayuran ini bisa membantu tubuh untuk mеlawan zat-zat radіkal bеbaѕ уang berbahaya.

Adapun manfaat jantung pisang untuk kеѕеhatan antara lain sebagai berikut:
  • Mengurangi resiko hіреrtеnѕі pada orang tua
  • Menurunkan kadar insulin pada penderita diabetes
  • Menyembuhkan sakit maag
  • Mеncegah anemia atau kekurangan sel darah merah
  • Meredakan sembelit
  • Melawan radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh
  • Mеnсеgah kankеr
  • Mеmреrkuat rahіm pada ibu hamil
  • Mеnurunkan bеrat badan
  • Mеnуеhatkan ginjal
  • Mencegah penuaan dini pada kulit wajah
  • Mengurangi depresi dan stres

Jantung Pisang yang Tidak Boleh Dimakan


Jantung pisang memang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Tapi tahukah kamu kalau ada jantung pisang yang tidak boleh dimakan?

Tidak semua jantung pisang aman dikonsumsi. Bukan karena mengandung zat beracun atau berbahaya, tetapi karena jantung pisangnya mengandung kadar tanin dalam jumlah berlebih sehingga terasa pahit dan getir.

Contoh jantung pisang yang tidak boleh dikonsumsi adalah jantung pisang ambon. Buahnya memang sangat enak dimakan, tapi tidak untuk jantung pisangnya. Jantung pisang ambon memiliki getah yang rasanya sangat pahit.

Untuk mengetahui jantung pisang yang akan diolah aman dikonsumsi atau tidak caranya cukup mudah. Ambil sebatang lidi atau tusuk gigi lalu tusuk jantung pisang yang masih segar. Cicipi getahnya, jika terasa pahit atau getir berarti jantung pisang tersebut tidak boleh dimakan.

Selain itu, jangan mengambil jantung pisang saat buatnya masih muda karena masih belum bisa dimakan.

Jantung Pisang untuk Ibu Hamil


Meskipun jantung pisang memiliki manfaat untuk ibu hamil yakni dapat memperkuat rahim dan menambah kesuburan, getah jantung pisang yang tidak dicuci dengan bersih justru berbahaya bagi janin dalam kandungan.

Getah yang masih menempel saat jantung pisang dimasak bisa menyebabkan keguguran. Jadi pastikan kamu sudah mencuci jantung pisang hingga benar-benar bersih sebelum membuatnya menjadi  masakan.

Cara Membersihkan Getah Jantung Pisang


Jika kamu sudah tahu bahayanya, maka mulai sekarang pastikan kamu membersihkan jantung pisang dari getahnya terlebih dahulu sebelum diolah. Untuk membuang getah jantung pisang, kupas bagian luarnya sampai tersisa lapisan berwarna kekuningan atau kemerahan.

Setelah jantung pisang dipotong-poting, rendam dalam air garam selama 30 menit untuk mengeluarkan getahnya. Setelah itu cuci bersih, dan jantung pisang siap diolah menjadi aneka masakan.

Cara lain adalah poton-potong jantung pisang lalu rebus dalam air mendidih hingga empuk. Setelah ditiriskan, rendam jantung pisang dalam air bersih sambil diremas-remas untuk mengeluarkan getahnya. Barulah jantung pisang bisa digunakan.

Bahaya Makan Jantung Pisang jika Dikonsumsi Berlebihan


Jantung pisang kaya akan manfaat. Rasanya lezat dan mudah dipadu-padankan dengan aneka masakan lainnya. Tapi jangan sampai berlebihan menkonsumsinya. Bahaya makan jantung pisang akan semakin terlihat jika jantung pisang dibuat menjadi masakan yang bersantan.

Seperti diketahui, santan kurang baik untuk disantap berlebihan karena dapat meningkatkan kadar kolesterol dan tekanan darah. Santan yang sudah diolah juga memiliki kadar lemak jenuh yang tinggi.

Jadi, pastikan kamu tidak berlebihan menkonsumsi jantung pisang. Seperti kata orang tua, sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Makanlah secukupnya saja.

Silahkan tulis pesan sesuai topik artikel. Dilarang pasang komentar SPAM dan SARA!
Buka Komentar
Tutup Komentar