Skip to main content

Cara Menyembuhkan Sakit Kepala Tanpa Obat

Cara Mengobati Pusing Tanpa Obat

Mengalami sakit kepala adalah hal yang paling menjengkelkan. Bagaimana tidak? Kita benar-benar tidak bisa beraktifitas dengan normal. Rasa sakit di kepala itu bahkan terasa menjadi-jadi dan sangat menyakitkan. Ternyata ada lho cara menyembuhkan sakit kepala tanpa harus minum obat. Mau tahu?

Dilansir dari TopBuzz.com, masyarakat Cina kuno menggunakan teknik pengobatan yang disebut akupresur. Akupresur atau yang dalam bahasa Inggris disebut acupressure, adalah suatu teknik yang akan memberikan rangsangan atau stimulus pada titik-titik akupunktur tubuh dengan cara menekan.

Banyak orang latah menyamakan akupresur dengan akupunktur atau teknik pengobatan dengan jarum. Padahal ada juga teknik akupresur tanpa jarum. Sebagian dari kita menyebut teknik akupresur tanpa jarum ini dengan sebutan pijat refleksi.

Jika teknik akupunktur menggunakan jarum, maka teknik akupresur cukup dengan memakai tangan saja. Akupresur sendiri adalah teknik pengobatan alternatif yang melibatkan pemberian tekanan secara lembut namun bertenaga pada bagian titik-titik tubuh tertentu yang berhubungan dengan syaraf.

Cara Menyembuhkan Sakit Kepala dengan Akupresur


Biasanya kita akan langsung mengambil obat-obatan saat kita mulai merasa sakit kepala. Padahal akan selalu ada efek samping setiap kita minum obat. Zat-zat kimia yang terus menumpuk dalam tubuh akan memperberat kinerja ginjal dan hati.

Baca juga: Tentang Obat-obatan dari Dokter

Nah, sekarang kamu tidak perlu khawatir lagi dengan kesehatan kamu secara jangka panjang. Dengan teknik akupresur, kamu bisa mengobati sakit kepala dengan cepat dan mudah tanpa harus pergi ke dokter. Yuk, kita cari tahu caranya!

Ada beberapa metode pemijatan akupresur yang bisa kamu lakukan untuk menyembuhkan sakit kepala ini. Mula-mula, ambillah posisi duduk yang nyaman dan rileks. Pijat titik-titik yang kami sebutkan di bawah selama 30 hingga 60 detik.

Pijat titik-titik tersebut dengan tekanan yang ringan dan gerakan melingkar. Biasanya, rasa sakit di kepala akan mulai berkurang sekitar 5-10 menit kemudian. Berikut adalah titik-titik akupresur yang bisa kamu coba:
  • Titik Yintang
    Titik Yintang
    Titik yintang terletak diantara kedua alis, posisinya berada di atas pangkal hidung dan hampir  mendekat ke dahi. Jika titik yintang ditekan akan mengurangi rasa pusing dan kelelahan di area sekitar mata.

  • Titik Zan Zhu
    Titik Zan Zhu
    Kedua titik ini berada simetris pada ujung tepi bagian dalam alis. Menekan kedua titik ini secara bersamaan bisa mengurangi sakit kepala dan pilek termasuk polip dan sinusitis. Pijatlah selama satu menit dengan gerakan melingkar.

  • Titik Yinxiang
    Titik Yinxiang
    Kedua titik yinxiang terletak di bawah tulang pipi dan sejajar dengan mata. Menekan titik yinxiang akan membuka sinus pada lubang hidung, meredakan stres, dan mengurangi sakit kepala.

  • Titik Tian Zhu
    Titik Tian Zhu
    Titik tian zhu terletak di bagian belakang kepala, di bagian atas pangkal leher antara telinga dan bagian awal tulang belakang. Dengan memijat titik tian zhu akan akan membantu kamu meredakan hidung tersumbat, rasa nyeri pada mata dan telinga, kepala migrain, sampai vertigo.

  • Titik Shuai Gu
    Titik Shuai Gu
    Titik ini terletak di atas daun telinga, kurang lebih 2-3 cm dari awal garis rambut di area pelipis pada sisi kanan dan kiri kepala. Dengan menekan titik shuai gu akan dapat mengurangi rasa sakit di daerah sisi samping kanan dan kiri kepala atau migrain. Titik ini juga berguna untuk mengatasi kelelahan pada mata.

  • Titik He Gu
    Titik He Gu
    Titik he gu tidak terletak di area kepala kita, tapi justru pada bagian tangan. Titik ini terletak di bagian punggung tangan antara jempol dan jari telunjuk. Menekan titik he gu akan mengurangi rasa sakit pada punggung sekaligus meredakan ketegangan pada otot leher kamu.

Itulah tadi titik-titik akupresur yang bisa kamu coba untuk mengatasi rasa sakit kepala tanpa obat. Area pemijatan sifatnya fleksibel sesuai letak rasa sakit yang dirasakan. Misalnya jika bagian kepala yang sakit adalah sisi kanan, maka yang dipijat adalah sisi kanan. Begitu juga sebaliknya. Semoga membantu.

Silahkan tulis pesan sesuai topik artikel. Dilarang pasang komentar SPAM dan SARA!
Buka Komentar
Tutup Komentar