Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghilangkan Baca Selengkapnya (Read More) di LinkMagz

Cara Menghapus tulisan Baca Selengkapnya di LinkMagz

Karena Oom masih punya simpanan bahan untuk update blog, kali ini Oom akan membagikan trik cara menghapus atau menghilangkan tulisan "Baca selengkapnya" / "Read more" di template LinkMagz Blogger.

Tulisan Read More atau Baca Selengkapnya sangat umum dipakai sebagai penanda atau batasan bahwa teks yang tampil hanya ringkasan. Jika seseorang ingin membaca lebih lengkap maka harus membuka artikel/postingnya.

Dalam istilah teknis, fungsi readmore biasanya dipasangkan dalam text snippet yang umumnya mengatur batasan jumlah karakter atau kata yang ditampilkan agar tidak membebani halaman. Read more atau tulisan baca selengkapnya ini biasanya berupa link/tautan yang dapat di-klik.

Namun dewasa ini, hampir setiap pengguna internet pasti paham kalau ada paragraf artikel yang terputus pasti itu hanya ringkasan. Dan mereka pasti akan klik pada judul artikel jika tertarik ingin membaca lebih lengkap.

Akibatnya, disini fungsi readmore atau baca selengkapnya jadi kurang efektif. Seolah hanya menambah script saja dan membebani halaman. Maka dalam tulisan ini saya akan membagikan cara menghapus tulisan "Baca selengkapnya" atau "Read more" di template LinkMagz.

Kenapa harus LinkMagz? Karena kebetulan yang jadi objek materi kali ini memang pakai template LinkMagz 😁 Untuk template lain juga sebenarnya hampir sama caranya. Tapi jika kamu kesulitan, jangan ragu tinggalkan komentar.


Cara Hapus Baca Selengkapnya di Blogger LinkMagz

Daripada tambah panjang, langsung saja sekarang kalian buka template LinkMagz yang sudah dimiliki. Caranya bisa dengan langsung edit file XML template, atau buka Blogger dan pilih menu Theme - Customize - Edit HTML

Sekarang carilah script berikut :

<b:includable id='postReadMore'>
          <a class='read-more-link'
  expr:href='data:post.hasJumpLink ? data:post.url fragment "more" :
  data:post.url' expr:title='data:post.title'>
              <b:eval
  expr='data:blog.jumpLinkMessage'/> <span
  class='screen-reader-text'><data:post.title/></span>
        </a>
    </b:includable>

Jika ketemu, hapus semua script tersebut.

Lalu cari lagi kode ini:

<b:include name='postReadMore'/>

Pada template LinkMagz v2.6.0, kode di atas ada 3 buah dengan posisi berdekatan. Hapus semuanya.

Jika sudah, klik tombol Save untuk menyimpan perubahan yang terjadi lalu lihat hasilnya.

Oke, cara menghilangkan tulisan Baca Selengkapnya sudah sampai situ aja 😄 Mudah, bukan?

Untuk menghapus teks Baca selengkapnya atau readmore di template VioMagz caranya juga sama persis. Sedangkan untuk template lain harus dicari terlebih dahulu script-nya karena struktur kode setiap template berbeda-beda.

Kalau kamu merasa kesulitan, tinggalkan pesan di kolom komentar nanti Oom bantu. Jangan khawatir, gratis kok 😂

Belum ada komentar