Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

TokoPC.info, Forum Komputer dan Internet

TokoPC.info, Forum Komputer dan Internet

Beberapa waktu lalu saya mencoba meng-install BulletinBoard (Forum) ke server hosting. Banyak banget pilihan Forum engine yang bisa digunakan. Mulai dari phpBB, vBulletin, IPB, hingga yet. Tapi ternyata pilihan justru jatuh pada MyBB. Ukuran file yang kecil, kemudahan proses instalasi, ringan sumber daya, dan manajemen forum yang sangat bagus menjadi alasan kenapa platform forum ini saya pilih. Saya mencoba menginstalasi forum di server TokoPC dengan alamat URL: forum.tokopc.info

Setelah mengikuti beberapa kaidah SEO yang cukup rumit dan membingungkan, akhirnya jadi juga Forum Komputer dan Internet berbasis MyBB. Awalnya membuat forum ini hanya iseng untuk menguji kestabilan server saat di-install Forum yang memakan resource bandwith cukup banyak. Tapi tampaknya cukup menarik juga untuk mencoba menekuni Forum ini. :)

Forum TokoPC ini didirikan untuk mempermudah setiap orang yang ingin berbagi informasi dan pengalaman mengenai perangkat komputer dan internet, di samping juga dapat menjadi sumber inspirasi untuk seseorang yang mengharapkan forum sebagai tempat menimba ilmu. Salah satu fasilitas yang coba saya masukkan ke dalam forum adalah fitur Jual Beli Komputer Bekas yang mana forum berfungsi sebagai media interaktif pengguna forum untuk menjual perangkat komputer yang mereka miliki ataupun sebaliknya.

Forum yang saya bangun tersebut memang sedikit banyak meniru kesuksesan KasKus sebagai "The Largest Indonesian Community" yang tak diragukan lagi perannya di dunia internet Indonesia saat ini. Namun saya mencoba untuk meracik sebuah forum "gaya loe sendiri" dengan engine yang sederhana, ringan, namun memiliki kemampuan yang powerful.

Di forum itu saya mengijinkan penggunaan Signature, sesuatu yang tidak dibolehkan di Kaskus. Namun juga masih mencoba menon-aktifkan fasilitas Attachment dalam forum yang bisa membuat Quota space hosting jadi membengkak. :)

Setidaknya, cobalah bergabung di forum TokoPC ini. Siapa tahu anda berminat untuk membangun Forum sejenis di dunia maya. :)

UPDATE: Link di atas sudah tidak aktif.