Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Tips Pola Makan Sehat

8 Tips Pola Makan Sehat

Kesehatan berpangkal pada kebiasaan makan. Maka menjaga pola makan adalah hal yang paling penting untuk menjaga tubuh kita tetap sehat dan bugar. Tidak percaya? Praktikkan tips berikut, niscaya kamu akan merasa lebih sehat dari sebelumnya.
  1. Minumlah air putih 6-8 gelas setiap hari. Jika kamu sedang mengikuti program diet, minumlah 1 atau 2 gelas air sebelum makan. Air akan membantu kamu membatasi porsi makan yang akan dikonsumsi.

  2. Makanlah tiga kali dalam sehari untuk mencukupi kebutuhan nutrisi harian kamu. Makan dalam porsi kecil tapi sering lebih baik daripada sekali makan dalam porsi besar.

  3. Makanlah secara perlahan, jangan terburu-buru. Selain memudahkan lambung untuk mencerna makanan, makan sedikit demi sedikit membuat hidangan terasa lebih nikmat.

  4. Beralihlah ke menu makanan sehat. Pilih makanan dengan kadar lemak rendah. Contohnya :
    • Ganti susu wholemilk atau fullcream yang biasa kamu minum dengan susu rendah lemak (skim milk).
    • Gantilah daging sapi dengan pilihan rendah lemak seperti daging ayam atau ikan.
    • Hindari makanan yang digoreng dan pilihlah makanan yang dimasak dengan cara dibakar, dipanggang, atau ditumis.
    • Dalam menumis pun punya banyak alternatif. Selain menggunakan minyak, masakan bisa pula ditumis dengan kaldu ayam atau kecap rendah natrium.
    • Bila hendak menggunakan mentega atau margarin pada roti, oleskan saja tipis-tipis.
    • Perbanyak makan buah dan sayuran.
    • Kurangi pemakaian saus yang berlemak, juga mayones dan salad dressing.

  5. Hindari minuman alkohol. Selain berbahaya bagi kesehatan, alkohol mengandung kalori tinggi dan turut andil memperbanyak timbunan lemak di tubuh.

  6. Pilih bahan makanan alami seperti sayur maupun daging segar. Sebisa mungkin hindari makanan olahan siap saji seperti makanan kaleng, sosis, nugget, dan sebagainya karena kandungan kalori dan lemaknya relatif tinggi.

  7. Batasi konsumsi makanan cepat saji (fast food) maksimal 2 kali dalam 1 bulan karena kandungan kalorinya jelas lebih tinggi dari masakan rumahan.

  8. Jangan sampai melupakan makan malam. Usahakan makan sebelum pukul 19.00 dengan porsi sedang agar tidak membuat kamu gemuk.

Sumber: human health