Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sarapan Teratur Kurangi Resiko Kena Diabetes

Sarapan Mengurangi Resiko Penyakit Diabetes Melitus

Makan adalah kebutuhan dasar manusia. Tanpa makan, kamu tidak akan bisa bertahan hidup. Tahukah kamu bahwa dengan sarapan yang teratur akan membantu kamu mengurangi resiko terkena penyakit diabetes? Yuk, kita simak penjelasannya.

Makan di pagi hari sering disebut sarapan atau breakfast. Tujuannya agar kita mendapatkan asupan gizi dan nutrisi untuk memulai hari. Dengan sarapan, tubuh akan sehat dan lebih berenergi.

Meski banyak pro dan kontra, masyarakat Indonesia umumnya menganggap sarapan pagi sebagai waktu makan paling penting. Tapi banyak juga yang berpikir kalau tidak sarapan membuat tubuh dapat mengatur kadar gula darah lebih baik.

Banyak pelaku diet menghindari sarapan pagi untuk mengurangi asupan kalori. Padahal menurut penelitian, tidak sarapan justtru memicu kenaikan kadar gula darah antara 20 hingga 30 persen.

Bahkan ada sebuah studi yang menunjukkan kalau sarapan dengan makanan tinggi kalori justru dapat membantu menunrunkan tekanan gula darah yang tinggi sepanjang hari jika dibandingkan dengan makanan rendah kalori.

Dengan sarapan secara rutin, kamu akan terhindari dari penyakit diabetes tipe 2. Dalam sebuah penelitian yang melibatkan 17 orang, mereka dites untuk tidak sarapan selama 3 hari. Hasilnya, tidak sarapan terbukti dapat memicu kenaikan gula darah jika dibandingkan tidak makan siang atau makan malam.

Selain menurunkan risiko penyakit diabetes, sarapan pagi secara teratur setiap hari juga mengurangi obesitas dan resiko penyakit jantung. Hal ini karena produksi insulin dalam tubuh tetap terjaga.

Rutin Sarapan Pagi menghindarkan diri dari Resiko Penyakit Diabetes Melitus

Lalu bagaimana sarapan pagi yang baik dan benar?

Para ahli gizi dan nutrisi menyarankan untuk memilih menu sarapan kaya karbohidrat, protein, lemak, serta vitamin dan mineral. Makanan kaya serat juga baik untuk mengendalikan kadar gula dalam darah.

Beberapa bahan makanan yang bisa dijadikan menu sarapan kamu antara lain oatmeal, roti gandum, kacang-kacangan, dan buah segar. Untuk penderita diabetes, cobalah perbanyak konsumsi oat, muesli, dan granola.

Posting Komentar untuk "Sarapan Teratur Kurangi Resiko Kena Diabetes"