Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Review Template Blogger LinkMagz

Review Template Blogger LinkMagz

Di tulisan Oom sebelumnya memang sudah sedikit membahas tentang template yang dipakai sekarang. Buat kamu yang penasaran template atau tema yang dipakai blog Oom, maka inilah review template LinkMagz for Blogger buatan om Sugeng.

LinkMagz adalah template terbaru dari om Sugeng. Dari segi desain dan struktur template memang menyerupai template fenomenal sebelumnya, VioMagz. Perbedaan paling kentara, template LinkMagz memakai tampilan grid 2 kolom di homepage dan halaman pencarian.

Baca juga: Review Template VioMagz

Desainnya memang masih tampak 'flat' dan kaku alat metro design, khas template-template buatan om Sugeng sebelumnya. Jika ditanya bagus atau tidak tentu saja jawabannya tergantung selera.

Poin plusnya, template ini memiliki lebih banyak fitur. Sebut saja Dark Mode yang mengubah tampilan blog kamu menjadi gelap, daftar isi otomatis, hingga fitur untuk berjualan produk atau jasa.

Semua fitur itu tertampung dalam sebuah template Blogger yang benar-benar 'compact'. Jika melihat fiturnya yang bejibun pastilah script yang ada di dalamnya sangat kompleks dan rumit.

Untuk mengatasi ukuran template yang jumbo, om Sugeng memilih untuk melakukan kompresi pada script-script CSS dan Javascript. Satu hal yang belum pernah dilakukan om Sugeng sebelumnya.

Maklum, jika melihat template VioMagz atau Evo magz semua scripnya terkesan sangat terstruktur dan rapi. Bahkan pemula sekalipun akan dengan mudah memodifikasi baris demi baris script pada template. Bahkan tak jarang mereka menelurkan versi redesign.

Baca juga: Template Textrim Redesign for Blogger

Dengan mengecilkan ukuran file template melalui kompresi script, imbasnya para pengguna tingkat intermediate dan advance harus mengelus dada demi membongkar atau memodifikasi template LinkMagz ini.

Template LinkMagz memang diberikan fitur khusus agar setiap penggunanya bisa mengatur layout dan warna dari setiap elemen situs. Namun bagi sebagian orang, fitur ini dirasa tak cukup.

Sisi positifnya, dengan banyaknya script yang di-compress maka loading halaman situs menjadi sangat cepat. Apalagi untuk konten yang tak banyak menggunakan gambar, loading situs bahkan hampir tak terasa.


Kenapa Saya Memilih LinkMagz?

Kembali ke waktu 2 tahun lalu, Oom mencoba untuk memodifikasi template VioMagz agar bisa tampil 2 hingga 4 kolom di homepage. Meskipun akhirnya berganti template ala KompiFlexible, tetap ada rasa 'klop' dengan template 2 kolom atau lebih. Dan, ya! LinkMagz menyediakan itu.

Desain template ala KompiFlexible yang serba mengkotak kian lama terasa bosan. Jadi sudah waktunya untuk refresh blog dengan template lain yang lebih menarik.

Desain tema dan color scheme sengaja saya buat agar mirip seperti tampilan blog PenyuBiru 2 tahun lalu. Ada juga beberapa bagian yang saya modifikasi agar tampak lebih menarik dan tidak monoton seperti yang tampak di bagian footer.

Rencana redesign? Melihat kesibukan akhir-akhir ini sepertinya sudah tidak ada waktu dan tenaga untuk redesign template LinkMagz. Mungkin hanya perubahan minor saja seperti yang Oom bahas pada artikel "Cara Mengganti Tombol Share Media Sosial di LinkMagz".

Kesimpulan

Kelebihan:
(+) Loading cepat
(+) Tidak ada script eksternal
(+) Fitur lazy load aktif secara default
(+) Fitur Dark Mode atau mode malam
(+) Halaman posting produk dan jasa
(+) Fitur daftar isi (table of content/TOC) otomatis

Kekurangan:
(-) Semua script CSS dan Javascript di-compress
(-) Desain 'flat' yang masih terkesan kaku
(-) Harga tergolong mahal

Belum ada komentar