Skip to main content

Blog PenyuBiru.com dihapus!

Blog Penyu Biru dihapus
Tanggal 27 Juli 2019 menjadi salah satu hari terburuk yang pernah saya alami setelah sekian lama menjadi seorang blogger. Bagaimana tidak, puluhan blog yang ada di akun yang sama dihapus oleh Google! Termasuk diantaranya adalah domain PenyuBiru.com yang sebelumnya saya gunakan, dan beberapa domain luar yang saya tautkan dengan blog-blog saya lainnya.

Melihat hal tersebut, rasanya bumi seolah berputar terbalik. Semua kerja keras yang saya lakukan seolah sirna tanpa bekas. Dari 31 blog yang dihapus, hanya PenyuBiru.com saja yang berhasil saya temukan backupnya. Disinilah saya baru menyadari pentingnya melakukan backup setiap bulan.

Sayangnya, meskipun backup blog tersebut masih ada, backup ternyata dilakukan beberapa bulan sebelumnya. Alhasil beberapa artikel tidak dapat dipulihkan dan hilang begitu saja.

Cara Mengembalikan Postingan Blog Hilang


Saya mencoba mengakses Wayback Machine tapi ternyata yang disimpan hanya bagian frontpage saja. Halaman artikel tidak satupun ada yang tersimpan.

Untungnya saya punya cara lain untuk melihat artikel yang sudah terhapus yakni dengan memanfaatkan Google Search Cache. Dari 8 artikel terakhir yang hilang, saya berhasil memulihkan 4 diantaranya. Tidak banyak, tapi cukup membantu daripada harus membuatnya ulang satu per satu.

Karena akun Blogger saya terhapus seluruhnya, mau tak mau saya harus membuat atau memakai akun blogger yang lain. Setelah mencari-cari yang sekiranya cocok, saya memutuskan untuk memakai akun blogger dengan alamat pickmypics.blogspot.com ini.

Alamat blog ini hanya sementara saja karena rencananya akan saya tambahkan domain Aping.web.id sehingga menjadi lebih personal. Kenapa tidak kembali memakai PenyuBiru.com? Domain PenyuBiru.com sudah tidak bisa dipakai di Blogger karena sudah di-blacklist oleh Google.

Penyebab Postingan Blog Hilang dari Google


Email yang pertama kali saya terima berisi notifikasi suspend pada akun blogger. Suspend ini berlaku untuk keseluruhan blog yang ada dalam akun blogger yang sama. Kemudian inbox dibanjiri dengan notifikasi penghapusan seluruh akun blogger yang saya miliki.

Dalam isi email yang saya terima, penyebab akun disuspend adalah banyaknya (?) laporan mengenai pelanggaran ketentuan layanan (Terms of Service) dari Google. Memang, dari beberapa bulan sebelumnya hampir setiap hari saya mendapatkan laporan yang menyebut bahwa tulisan-tulisan saya dilaporkan oleh seseorang melalui DMCA.

Saat saya telusuri, laporan-laporan itu ditujukan ke artikel yang mengusung tema tentang template viomagz. Entah siapa yang melaporkan dan apa tujuannya. Padahal isi artikelnya hanya seputar tips dan trik saja, bukan download template viomagz terbaru atau sejenisnya.

Sialnya, kita tidak bisa berbuat apa-apa pada laporan itu. Entah bagaimana mekanisme Google. Nyatanya, kita sulit sekali melakukan banding dan cenderung tidak dianggap. Mereka lebih mempercayai laporan yang masuk ketimbang memeriksa kebenarannya.

Beberapa artikel yang dirasa melanggar ketentuan sudah saya ubah ke draf meskipun saya juga mengajukan banding. Tapi semua itu jadi sia-sia belaka.

Ulah orang yang tak bertanggung jawab itu sukses membuat blog tersebut diblokir oleh Google dan keseluruhan blog yang ada dalam akun yang sama ikut disuspend.

Kesimpulan


Itulah pengalaman saya saat situs saya di Blogger dihapus oleh Google. Pelajaran pertama yang bisa dipetik adalah, sering-seringlah melakukan backup konten untuk artikelmu. Kamu tidak akan tahu kapan blogmu sewaktu-waktu dihapus oleh Google. Salam.

Note: buat kamu yang suka ngelaporin blog orang atas berbagai macam tuduhan, berpikirlah 2x. Ingat, semua yang kamu lakukan pasti ada karmanya. Dan terkadang, karmanya itu akan lebih perih dari yang dirasakan oleh orang teraniaya.

Silahkan tulis pesan sesuai topik artikel. Dilarang pasang komentar SPAM dan SARA!
Buka Komentar
Tutup Komentar