Skip to main content

Template Blogger Textrim Redesign by Oom

Download Template Textrim Redesign Gratis

Akhir-akhir ini template Textrim buatan Ignіеl menjadi bahan pembicaraan para blogger. Desainnya yang modern tapi tanpa gambar di halaman depan terlihat minimalis dan sederhana. Saya mencoba memodifikasi template Textrim agar tampak sedikit lebih unik dan menarik. Dan inilah template Blogger Textrim redesign by Oom.

Kalau dipikir-pikir, baru kali ini saya membagikan template redesign. Padahal sejak jaman memakai template Viomagz dulu saya selalu melakukan redesign agar template yang saya gunakan tampak menarik, berbeda, dan anti mainstream.

Seperti template yang dipakai situs Oom.web.id ini yang meskipun dibangun dari awal tapi lebih mirip seperti template Kompi Flexible Redesign. Khusus untuk template blog ini tidak akan dibagikan gratis. Maaf yaa... 🙏

Review Template Blogger Textrim


Template Textrim yang kini sudah mencapai versi 2 ini memiliki tampilan yang sederhana. Desainnya entah mengapa mengingatkan saya pada template-template Blogger buatan Sora Template atau Gooyaabi Templates. Terutama jika melihat jenis font yang digunakan.

Template dengan konten utama hanya berupa teks tanpa gambar memang tidak banyak. Yang populer sebut saja template Kompi Ajaib, Kompi Text Aja, dan Textrim itu sendiri. Kita memang bisa saja menghapus elemen 'post thumbnail' pada semua template, tapi hasilnya terkadang membuat tampilan layout blog jadi kacau atau kurang serasi.

Berbicara mengenai template Textrim itu sendiri, sebenarnya dari segi desain, struktur kode, dan SEO sudah sangat bagus. Setahu saya, Textrim adalah template ketiga yang sudah menggunakan script tema Blogger versi 3. Ini artinya, template Textrim sudah mengikuti perkembangan terbaru dari platform blogging milik Google itu.

Bagi saya pribadi, fitur-fitur yang ada pada template Textrim sudah sangat mencukupi. Kebetulan saya ada proyek untuk membuat sebuah blog novel online. Seperti yang kita tahu, situs-situs bertema novel online rata-rata memang tidak membutuhkan gambar sebagai bagian dari kontennya. Nah, template Textrim ini sangat cocok sekali untuk blog novel online.

Ubahan pada Template Textrim Redesign


Screenshot Template Textrim Redesign by Oom

Dasar bawaan anak Informatika, utak-atik kode atau script adalah hal yang biasa. Saya mencoba melakukan redesign pada template Textrim agar lebih sesuai dengan keinginan saya. Tidak banyak kode yang saya tambahkan. Rata-rata saya hanya mengubah struktur desain atau property-nya saja.

Jika dibandingkan dengan template Textrim original, inilah yang berbeda pada template Textrim Redesign buatan Oom:
  • Saya menghapus animasi grunge effect (glitch) pada semua elemen situs
  • Mengubah lebar halaman agar tampak 'boxed'
  • Membuat tampilan keseluruhan template lebih 'rounded'
  • Mengubah font pada Header situs agar tampak menarik
  • Mengganti icon-icon pada list style agar lebih sederhana
  • Menghapus elemen widget subscribe dan menu di atas footer
  • Menambahkan widget subscribe box pada sisi widget
  • Mengganti credit footer dengan menu *
  • Menambahkan URL blog pada footer
  • Mengatur ulang ukuran property pada post snippet
  • Menghapus elemen 'post info' dari halaman posting
  • Menghapus daftar label pada halaman posting
  • Sedikit modifikasi pada breadcrumbs
  • Mengubah desain dan script widget sharing

Sementara itu saja yang sudah saya lakukan pada template Textrim Redesign ini. Tentu saja, saya akan masih melakukan banyak modifikasi lanjutan agar tampilannya semakin sedap dipandang dan semakin fungsional.

Pada web demo, saya memasang script AGC pada setiap konten posting. Tapi jika kamu download template dari situs Oom ini tidak terpasang script AGC yang dimaksud. Harap maklum.

Jika kamu jeli, kamu pasti akan melihat bahwa tidak ada credit si pembuat template pada bagian footer situs demo. Apakah saya menghapus credit link di footer template Textrim? Jawabannya TIDAK. Saya hanya menyembunyikan elemennya saja dan menggantinya dengan menu footer dari widget di atasnya.

Sebenarnya mudah saja bagi saya untuk benar-benar menghapus total credit pembuat template dan membuka semua script yang di-minify dan obfuscate itu. Tapi hal ini akan sangat tidak menghargai jerih payah dan kerja kerasnya dalam membuat template. Jadi saya biarkan saja apa adanya.

Download Template Textrim Redesign by Oom


Buat kamu yang berminat dengan template Blogger Textrim versi redesign buatan Oom ini, silahkan download pada link yang tersedia berikut ini. Saya sengaja memasang safelink pada link download dan demo untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.


Itulah template Textrim Redesign by Oom Blogger. Untuk pengaturan setting, widget, dan script kamu bisa merujuk pada pengaturan template aslinya. Jika kamu masih merasa kesulitan, jangan ragu untuk meninggalkan komentar pada kolom yang tersedia di bawah halaman ini.

Buat kamu yang sudah download template Textrim Redesign ini, saya mohon dengan sangat untuk TIDAK menghapus credit link pada bagian footer dengan alasan apapun. Terima kasih.

Silahkan tulis pesan sesuai topik artikel. Dilarang pasang komentar SPAM dan SARA!
Buka Komentar
Tutup Komentar