Skip to main content

Artikel Pola Hidup Sehat Terbaru 2019

Artikel Pola Hidup Sehat Terbaru 2019

Memiliki pola hidup sehat akan membuat umur lebih panjang dan mnejadikan kita lebih bahagia dalam menjalani hari. Gaya hidup sehat juga akan menjauhkan kita dari beragam penyakit berbahaya. Dalam tulisan ini saya akan membagikan artikel pola hidup sehat terbaru 2019 yang bisa kamu coba terapkan mulai hari ini.

Dr. Guruprasad Reddy BV, OSH dari State Medical University Moscow Rusia membagikan beberapa tips terbaik untuk menjalani pola hidup sehat yang bisa dilakukan sendiri mulai sekarang. Tips hidup sehat ini sangat sederhana dan bisa dicoba oleh siapa saja.

Dr. Guruprasad Reddy BV, OSH

Berikut adalah beberapa tips pola hidup sehat dari Dr. Guruprasad Reddy BV, OSH. Saya sudah merangkum dan menyusunnya agar lebih mudah dipahami oleh siapa saja.

  • Minum air lemon hangat dapat mencegah beragam penyakit kanker. Tidak perlu tambahan gula, air lemon yang hangat akan lebih bermanfaat daripada air lemon dingin.

  • Tambahkan 2-3 irisan buah lemon segar ke dalam segelas air panas dan jadikan sebagai minuman sehari-hari. Rasa pahit dalam air lemon panas adalah zat terbaik untuk mencegah dan mengendalikan pertumbuhan sel kanker.

  • Minumlah minimal 10 gelas air sehari untuk mencegah kanker kandung kemih. Minum lebih banyak air di siang hari, tapi lebih sedikit di malam hari agar kita tidak sering buang air kecil.

  • Meminum segelas air putih setiap bangun tidur akan mencegah terbentuknya batu kandung empedu dalam tubuh. Gunakan air mineral atau air suling untuk hasil terbaik.

  • Jauhi minuman soda dan berkarbonasi. Minuman jenis itu memiliki sedikit kandungan gizi tapi tinggi akan gula yang dapat menyebabkan diabetes dan hipertensi.

  • Hindari minum teh selama periode menstruasi karena akan membuat prosesnya melambat sehingga periodenya semakin panjang. Penelitian lain juga menunjukkan bahwa minum teh saat haid akan mengganggu siklus menstruasi pada wanita.

  • Hindari minum lebih dari 2 cangkir kopi sehari karena dapat menyebabkan penyakit insomnia dan gangguan pada lambung.

  • Kurangi minum susu kedelai. Jika mengkonumsinya, jangan tambahkan gula atau telur kedalamnya.

  • Hindari mengkonsumsi makanan mulai 3 jam sebelum tidur malam karena akan memicu obesitas atau kegemukan.

  • Hindari sering makan malam larut malam karena dapat meningkatkan resiko terkena penyakit kanker pencernaan.

  • Ubi jalar atau ubi ungu memiliki zat-zat aktif untuk mencegah berkembangnya penyakit kanker. Ubi jalar sebaiknya dikonsumsi dengan cara direbus atau dikukus.

  • Untuk menghindari penyakit kolesterol, jangan mengkonsumsi lebih dari 4 butir telur per minggu.

  • Sering mengkonsumsi jeroan ayam bisa meningkatkan kadar kolesterol dalam darah sekaligus meningkatkan resiko kanker pencernaan.

  • Makanan yang berminyak atau digoreng membuat tubuh cepat merasa lelah dan lapar karena butuh 5-7 jam untuk mencernanya.

  • Jangan makan roti panggang saat baru dikeluarkan dari oven atau pemanggang roti. Roti yang masih sangat panas masih mengeluarkan zat-zat kimia berbahaya pencetus kanker.

  • Jangan makan buah-buahan setelah makan. Makanlah buah-buahan sebelum makan untuk mendapatkan seluruh manfaatnya.

  • Makanlah buah-buahan dan sayuran segar seperti pisang, anggur, labu, buah persik, atau bayam karena enam jenis makanan ini bisa melepas zat kimia aktif di otak yang memicu perasaan bahagia.

  • Jangan makan buah tomat segar dengan perut kosong karena akan meningkatkan kadar asam lambung yang memicu penyakit maag dan penyakit-penyakit yang mengganggu sistem pencernaan lainnya.

  • Buah tomat yang sudah diproses atau dimasak memiliki zat-zat kimia bermanfaat penyembuhan yang lebih baik daripada tomat mentah segar.

  • Tidur kurang dari 8 jam sehari dapat merusak fungsi otak kita. Tidur siang hari selama 30 menit sudah cukup untuk meregenerasi sel-sel otak dan menjaga tubuh tampak awet muda.

  • Jangan pernah mengisi baterai ponsel atau gadget apapun di sebelah kita saat sedang tidur. Radiasi yang ditimbulkan akan mengganggu siklus tidur kita dan membuat tidur kurang nyenyak.

Dr. Guruprasad Reddy BV, OSH dalam makalahnya menganjurkan untuk membagikan tulisan ini ke media sosial. Meskipun kamu tidak membutuhkannya, ada orang lain yang mungkin belum tahu tentang tips hidup sehat ini. Dengan membagikannya kepada orang lain, setidaknya kamu akan membantu orang lain meningkatkan kualitas hidupnya.

Silahkan tulis pesan sesuai topik artikel. Dilarang pasang komentar SPAM dan SARA!
Buka Komentar
Tutup Komentar