Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Nokia N77, Smartphone 3G Dengan TV

Nokia N77, Smartphone 3G Dengan TV

Rancangan NOKIA N77 sebenarnya sangat sederhana. Dengan tetap 'berstatus' sebagai smartphone 3G, namun tak seperti NOKIA N73, dan menambahkan penerima gelombang televisi digital DVB-H dalam satu kemasan handset.

Desain handset NOKIA N-Series sangat familiar dan tampilan muka dari NOKIA N77 mudah ditebak, yakni dengan layar utama berukuran 240x320 pixel, kamera utama berukuran 2 megapixel dengan kamera video sekunder, memori tambahan berjenis microSD serta layanan Bluetooth.

Lebih dari itu, perangkat ini berteknologi UMTS/W-CDMA 2100 MHz, dengan kemampuan tri-band GSM 900/1800/1900 MHz dan dukungan data EDGE.

Tentu saja, kelebihan yang dimiliki NOKIA N77 adalah bahwa ia bisa menerima sinyal DVB-H, sama kualitasnya dengan NOKIA N92. Kelebihan lain yang dimiliki oleh NOKIA N77 adalah beratnya yang hanya 114 gram, yang artinya lebih ringan 2 gram dibandingkan dengan NOKIA N73, serta 77 gram daripada NOKIA N92.

Seperti halnya ponsel N-Series yang lainnya, NOKIA N77 memiliki dukungan multimedia yang sangat baik dan bisa memainkan berbagai macam fomat audio dan klip video, serta streaming media 3G. NOKIA N77 juga dilengkapi dengan FM radio, web browser, email client, aplikasi PIM dan penambahan memori hingga 2 GB.

NOKIA N77 memang bukanlah ponsel pertama dengan fasilitas televisi digital yang pernah kita lihat. Namun yang pasti, ia memiliki desain yang tak rumit. Saat Anda ingin menonton televisi, Anda bisa dengan mudah melihatnya dengan cara horizontal (landscape).

NOKIA mengatakan bahwa penerimaan sinyal DVB-H tergantung dari ketersediaan jaringan. Layanan DVB-H saat ini telah tersedia di Italia, Vietnam dan Albania, sementara akan menyusul pula di Finlandia, Perancis, Jerman, Rusia, Afrika Selatan, Spanyol dan Amerika Serikat.