Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Kentang Goreng Sehat

Cara Membuat Kentang Goreng Sehat

Kebanyakan ibu rumah tangga yakin kentang goreng bisa jadi bagian diet yang baik dan seimbang. Kentang yang disantap bersama kulitnya memberikan cukup asupan vitamin C, serta salah satu sumber terbaik potasium dan serat. Sementara itu, para koki berusaha menemukan cara lebih sehat mengolah kentang, baik dengan menggunakan minyak "sehat" atau tanpa digoreng.

Inilah trik menggoreng kentang, agar bisa dinikmati tanpa khawatir lonjakan lemak setelahnya.
Kebanyakan ibu rumah tangga yakin kentang goreng bisa jadi bagian diet yang baik dan seimbang. Kentang yang disantap bersama kulitnya memberikan cukup asupan vitamin C, serta salah satu sumber terbaik potasium dan serat.

Sementara itu, para koki berusaha menemukan cara lebih sehat mengolah kentang, baik dengan menggunakan minyak "sehat" atau tanpa digoreng. Inilah trik menggoreng kentang, agar bisa dinikmati tanpa khawatir lonjakan lemak setelahnya.
  • Beli kentang beku (shoestrings). Beberapa perusahaan kini telah memproduksi kentang beku dengan bahan-bahan yang sudah diuji terlebih dahulu, dan lemaknya pun baik untuk tubuh. Carilah produk kentang beku yang kalorinya tak lebih dari 120 gram. Sebagai info, dalam setiap 3 ons sajian terkandung 3,5 gram lemak.
  • Bekal kentang goreng. Sajian kentang goreng dengan cara pengolahan baru, yaitu direbus terlebih dahulu sebelum digoreng dan kemudian diangin-anginkan, bisa menjadi pilihan (lihat artikel: Resep Bikin Kentang Goreng Renyah). Setiap 3 ons sajian mengandung sekitar 180 kalori, 6 gram lemak, dan 1 gram lemak jenuh.
  • Buat sendiri. Kita bisa membuat sendiri hidangan kentang kegemaran yang kaya antioksidan ini dengan mengikuti resep berikut:
Kentang pelangi (untuk 4 porsi)
  1. Iris 5 buah kentang panjang 1 cm.
  2. Rendam kentang dalam air dingin selama 45 menit.
  3. Lalu, potong 1 kentang manis berukuran sedang memanjang, seukuran 1 cm.
  4. Panaskan oven hingga sekitar 200 derajat Celcius.
  5. Tiriskan kentang yang direndam, campurkan dengan irisan kentang manis, 3 sdm minyak zaitun, garam, dan lada secukupnya.
  6. Susun mendatar di loyang. Panggang hingga 40 menit, balik, lalu panggang lagi hingga warna kentang jadi kecoklatan.
  7. Sajikan panas-panas.

Sumber: Kompas