Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Review Mesin Cuci Samsung Wobble

Review Mesin Cuci Samsung Wobble

Daripada bengong kali ini saya akan review sebuah mesin cuci dari Samsung. Lho, kok mesin cuci? Maklum, baru beli mesin cuci sebulan kemarin jadi sekalian review. Gituu.. Siip!

Mesin Cuci yang jadi review kali ini adalah mesin cuci top load (bukaan atas) dengan teknologi WOBBLE dari Samsung yang diklaim bisa mengurangi jumlah lilitan pada pakaian.

Alasan beli mesin cuci sih sederhana. Cucian lumayan banyak karena sering menumpuk, males nyuci, dan alasan klasik lainnya. Pas mau beli sih nyari mesin cuci dengan kriteria hemat listrik dan air (wajib), tidak makan tempat, awet, bergaransi, dan full otomatis.

Setelah tanya-tanya ke toko akhirnya kepincut dengan mesin cuci Samsung WA85W9. Teknologi wobble akan membuat gelombang air 3D (tiga dimensi) sehingga kain tidak saling melilit. Pada bagian tabung juga sudah mengaplikasikan Diamond Drum yang diklaim mengurangi sobekan pada kain. Harganya? Lupa, kira-kira 2,5 juta.

Memang sih banyak sekali pilihan untuk membeli mesin cuci. Secara garis besar bisa kita kelompokkan ke dalam 3 jenis mesin cuci. Mungkin sebagai bahan perbandingan dan bacaan akan saya coba jelaskan sedikit :

  1. Mesin Cuci 2 Tabung (Manual)
    Mesin cuci ini sesuai namanya memang memakai 2 tabung. Tabung pertama untuk cuci dan bilas. Tabung kedua untuk memeras/pengeringan. Disebut manual karena setelah pakaian dicuci dan dibilas harus dipindah dengan tangan ke tabung kedua. Kemudian jumlah debit air yang masuk melalui selang ke mesin cuci diatur sendiri banyak atau tidaknya.

  2. Mesin Cuci 1 Tabung Top Load (Full Otomatis)
    Evolusi mesin cuci 2 tabung bukaan atas dimana fungsi cuci, bilas, peras dilakukan dalam 1 tabung dan debit air yang masuk ditentukan sendiri oleh sistem mesin cuci (canggih, dab!). Otomatis pekerjaan kita lebih sedikit. Masukkan pakaian dan sabun, buka keran air, nyalakan mesin dan biarkan mesin cuci melakukannya untukmu. Wuihh..

  3. Mesin Cuci 1 Tabung Front Load (Full Otomatis)
    Bisa dibilang varian tertinggi dan tercanggih dari semua mesin cuci. Bedanya dengan yang top load adalah bukaan pintu di depan karena posisi tabung horizontal, tidak vertikal seperti di top load. Hasil cucian lebih bersih karena menganut mekanisme pencucian layaknya cuci manual. Dimensinya lebih besar, lebih berat, dan konsumsi listrik lebih besar dari mesin cuci 1 tabung.

Kenapa memilih mesin cuci satu tabung top load?




Alasan saya memilih mesin cuci top load? Relatif murah, irit air, tidak repot seperti 2 tabung, tapi juga daya listriknya tidak sebesar mesin cuci front load. Pas pertama pakai mesin cuci ini memang kagok. Tombolnya lumayan banyak dengan beragam fungsi berbeda. Alhasil harus baca buku petunjuknya dulu. Hehehe 😊

Setelah beberapa kali pakai, terbukti mesin cuci ini sudah cukup memenuhi harapan dan kebutuhan saya. Badan jadi tidak capek akibat nyuci manual plus hasil cucian lumayan bersih. Teknologi Wobble memang benar bisa "mengobrak-abrik" cucian sehingga tidak saling melilit plus melepaskan kotoran dengan lebih efektif. Jumlah air yang dibutuhkan juga lebih sedikit daripada saat mencuci sendiri.

Begitu saja review mesin cuci top load Samsung dari saya. Oh, iya! Ada sedikit tips dari saya. Pengalaman kemarin waktu pasang mesin cuci ternyata selang airnya dan pipa pembuangan air kotor kurang panjang. Setelah mencari-cari di toko bangunan dan baca artikel di internet akhirnya saya berhasil menemukan solusi untuk selang air mesin cuci yang kurang panjang.

Yakni dengan sambungan selang besi! Biasanya dijual di toko bangunan yang agak besar dengan harga sekitar 30 ribu saja. Jadi selang dari mesin cuci disambungkan ke sambungan selang besi (dikunci dengan mur - biasanya bawaan mesin cuci) dan ujung satunya ke selang menuju keran air.

Gambar sambungan selang mesin cuci dari kuningan atau besi
Bentuk sambungan selang besi yang sudah dikunci ke selang mesin cuci

Sambungan selang dari besi
Perhatikan tanda panah. Mur dari selang mesin cuci dikunci ke bagian ini


Dengan cara itu kita bisa mensiasati selang air mesin cuci yang kurang panjang. Untuk pipa pembuangan air yang kurang panjang bisa dicari di toko bangunan. Bilang saja ke penjual "perpanjangan selang pembuangan air mesin cuci" biasanya sudah tahu kok.

Harganya berkisar 20 ribu dengan gambar seperti tertera di bawah. Dah, gitu aja. Untuk yang masih bingung silahkan berdiskusi di kolom komentar di bawah.


Selang perpanjangan untuk pembuangan mesin cuci


Sumber gambar:
http://www.samsung.com/id/consumer/home-appliances/washing-machine/top-load/WA85W9IEC/XSE-spec
AnekaSelang.com