Skip to main content

Apa Itu Template AMP?

apa itu amp, template amp, blogger amp, skin amp

Apa itu template AMP? AMP atau Accelerated Mobile Pages adalah proyek open source atau non komersil dan didukung oleh Google untuk membantu pemilik situs web dalam membuat halaman situs yang sangat cepat dibuka jika diakses via HP atau smartphone.

Secara garis besar, dalam setiap halaman website yang memakai AMP, ada tiga komponen yang bisa kamu temukan. Antara lain :
  • AMP HTML
    AMP HTML berupa script HTML biasa tapi dengan penggunaan kode tag yang lebih terbatas. Selain itu juga ada tambahan beberapa tag yang memang didesain khusus untuk halaman AMP.

  • AMP JS
    Layanan AMP melarang pemasangan kode Javascript dalam posting karena dianggap mengurangi waktu respon ke server yang berakibat turunnya kecepatan loading halaman secara signifikan. Untuk mengatasinya, sudah disediakan library Javascript dalam bentuk AMP JS.

  • AMP Cache
    Layanan AMP Cache sementara ini baru disediakan oleh Google. Dengan AMP Cache sebuah halaman situs web akan dibuatkan versi cache-nya dalam server Google. Hal ini berimbas pada kecepatan loading blog, sama seperti saat kita membuka situs yang dibuat oleh Google.

Meski tidak ada kaitan langsung antara kecepatan loading dengan SEO agar tampil di halaman pertama Google (SERP), secara teori Google dan mesin pencari lainnya sangat menyukai dan memprioritaskan halaman situs yang bisa dibuka dengan cepat.

Hal ini ditambah fakta bahwa Google sendiri telah mendukung platform AMP meski belum diimplementasikan ke dalam fasilitas Blogger. Tapi beberapa pengamat yakin bahwa masa depan Blogger nantinya terletak pada dukungan dan fitur AMP. Jadi tidak ada salahnya kita mulai memakai dan belajar tentang template berbasis AMP ini.

Bagi para pemula, template AMP ini memang menyusahkan. Secara default, Blogger tidak menyediakan fasilitas AMP. Jadi kamu harus edit satu per satu setiap posting agar valid AMP. Dalam sebuah halaman AMP, penggunaan script CSS secara inline dilarang. Begitupun dengan kode Javascript, kita tidak bisa sembarangan memasangnya.


Silahkan tulis pesan sesuai topik artikel. Dilarang pasang komentar SPAM dan SARA!
Buka Komentar
Tutup Komentar