Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ganti Template Blogger (Lagi)

ganti template, ganti theme, template blogger, theme blogger

Setelah domain lama tidak bisa diakses, sekarang saya mencoba ubah suasana dengan cara ganti template (lagi). Bosan dengan template VioMagz yang kini sudah semakin mainstream, saya mencoba mencari alternatif template lain yang menarik.

Kriteria template Blogger yang saya inginkan tidak muluk-muluk. Template itu harus cepat (fast loading). Itu poin pertama yang wajib dipenuhi. Saya suka desain tema yang simple, flat, tapi modern. Tanpa pernak-pernik blog yang ramai atau animasi berlebihan. Memakai perpaduan warna yang lembut dan hangat agar kegiatan nge-blog terasa menyenangkan.

Syarat terakhir, harus GRATIS! Maklum, tidak ada dana dari menteri keuangan untuk sekedar membeli template yang dianggapnya hanya 'pemborosan' 😅

Pilihan Template Blogger


Ada beberapa pilihan template yang memenuhi beberapa kriteria saya. Yang pertama adalah template bawaan Blogger. Responsive, memang. Tapi saya tidak suka dengan desainnya yang kebanyakan berjenis 'wide'. Blog jadi terlihat lebar. Mau di-redesign, terlalu banyak kode yang harus diubah agar sesuai keinginan.

Yang kedua ada template buatan sendiri yang diberi nama "Apynx". Template blog ini sangat simple dengan desain flat bernuansa hijau. Sayang pengembangannya terhenti karena saya sedang malas mengurusi. Template Apynx bisa kamu lihat di sini.

Ketiga ada Masign buatan Dunia Blanter. Tampilannya memang mewah dan modern hampir tanpa celah. Kelemahannya hanya satu, template itu berbayar 😭

Keempat, dan yang terakhir, adalah template Kompi Flexible AMP buatan Kang Adhy. Saya sangat suka desainnya yang serba minimalis. Kekurangannya juga hanya 1, berbayar. Tapi dari keseluruhan template, ini yang paling sesuai selera saya.

Baca juga: Download Template Blogger Textrim Redesign Gratis

Membuat Sendiri Template Redesign Kompi Flexible


Berhubung template itu berbayar dan saya tidak punya uang, saya coba membuat template Blogger sendiri untuk kemudian saya buat mirip seperti Kompi Flexible. Struktur data saya ambil dari template-template lain yang banyak dibagikan gratis di internet. Sedangkan style CSS ada yang saya pakai dari template demo, ada juga yang comot dari sana-sini.

Tak terhitung sudah berapa kali perubahan yang saya lakukan agar template blog Oom ini semakin cantik dan menarik. Menggabungkan script-script berbeda dalam ribuan baris kode. Setelah beberapa hari utak-atik kode PHP, CSS, dan JavaScript yang memusingkan itu, akhirnya template untuk blog Oom ini sudah jadi. Capek, memang. Tapi yang penting desainnya sudah OK dan tetap ngebut.

Hasilnya adalah sebuah template redesign Kompi Flexible, tapi gratis 😂 Berhubung template blog ini buatan sendiri, banyak elemen yang custom, disesuaikan dengan selera saya.

Optimasi Blog


Usaha memang tidak mengkhianati hasil. Meski cukup memakan waktu lama, akhirnya sekarang blog ini bisa tampil lebih menarik dan cantik. Loading-nya bahkan lebih cepat dari template redesign VioMagz yang pernah saya buat sebelumnya. Lihat perbedaan kecepatan loading blog dari saat menggunakan template VioMagz di bawah ini:

VioMagz 2.8 Redesign versi Mas Aping

Kemudian bandingkan dengan hasil pengukuran oleh GTmetrix pada blog Oom yang sekarang:

Kecepatan loading situs web

Tampak perbedaan yang cukup signifikan, bukan? Sebagai pelengkap, berikut saya berikan laporan dari Google Lighthouse dan Google Pagespeed Insight :
Hasil Pengukuran Google Chrome Lighthouse versi Desktop

Hasil Pengukuran Google Chrome Lighthouse versi Mobile

Hasil Pengukuran Google Pagespeed Insight Versi Desktop

Hasil Pengukuran Google Pagespeed Insight Versi Mobile

Sedangkan di bawah ini adalah hasil pengecekan W3 Validator. Ya, situs Oom.web.id ini telah dinyatakan valid HTML5 untuk halaman depan (homepage) dan hampir keseluruhan postingan.

Hasil pengukuran W3 Validator Checker


Hasil pengukuran diatas memang sudah cukup sempurna. Tapi tentu saja seiring waktu tampilan dan konten blog ini akan terus berubah mengikuti jaman dan 'mood'. Semoga tulisan ini memberi inspirasi. Salam.

Update 15/08/2019:
Minor change pada ukuran margin dan padding pada post snippet.
Menambahkan widget berlangganan.
Memasang related post tapi dengan script yang jauh lebih ringan.

Update 21/08/2019:
Saya membuat struktur data seperti Kompi Ajaib, selain lebih sederhana juga sepertinya cukup bagus untuk mendukung SEO.
Blog ini lulus W3 Validator untuk HTML5 untuk Homepage.
Hasil pengukuran Google Pagespeed menunjukkan 100 sempurna untuk tampilan versi Desktop dan mobile.

Update 24/08/2019:
Blog ini dinyatakan valid HTML5 untuk semua halamannya.
Modifikasi tampilan kotak pencarian agar lebih irit tempat dan enak dilihat.
Saya mengubah konsep warna template dari sebelumnya memakai warna gradient menjadi solid color.

PERHATIAN: Template redesign blog Oom ini TIDAK dijual atau dibagikan secara gratis.

Posting Komentar untuk "Ganti Template Blogger (Lagi)"