Skip to main content

Ganti Template Blogger (Lagi)

ganti template, ganti theme, template blogger, theme blogger

Setelah domain lama tidak bisa diakses, sekarang saya mencoba ubah suasana dengan cara ganti template (lagi). Trauma akan template Vio Mag yang sebelumnya dipakai untuk blog PenyuBiru, saya mencoba mencari alternatif template lain yang menarik.

Kriteria template Blogger yang saya inginkan tidak muluk-muluk. Template itu harus cepat (fast loading). Itu poin pertama yang wajib dipenuhi. Saya suka desain tema yang simple, flat, tapi modern. Tanpa pernak-pernik blog yang ramai atau animasi berlebihan. Memakai perpaduan warna yang lembut dan hangat agar kegiatan nge-blog terasa menyenangkan.

Syarat terakhir, harus GRATIS! Maklum, tidak ada dana dari menteri keuangan untuk sekedar membeli template yang dianggapnya hanya 'pemborosan' 😅

Pilihan Template Blogger


Ada beberapa pilihan template yang memenuhi beberapa kriteria saya. Yang pertama adalah template bawaan Blogger. Responsive, memang. Tapi saya tidak suka dengan desainnya yang kebanyakan berjenis 'wide'. Blog jadi terlihat lebar.

Yang kedua ada template buatan sendiri yang diberi nama "Apynx". Template blog ini sangat simple dengan desain flat bernuansa hijau. Sayang pengembangannya terhenti karena saya sedang malas mengurusi. Template Apynx bisa kamu lihat di sini.

Ketiga ada Masign buatan Dunia Blanter. Tampilannya memang mewah dan modern hampir tanpa celah. Kelemahannya hanya satu, template itu berbayar 😭

Keempat, dan yang terakhir, adalah template Kompi Flexible Non AMP buatan Kang Adhy. Saya sangat suka desainnya yang kini mirip seperti template versi AMP. Kebetulan dulu pernah beli templatenya dan cukup puas.

Lalu kenapa tidak memakai template yang sudah ada? Ribet. Itu yang saya rasakan setelah satu tahun memakai template AMP. Apalagi jumlah posting di blog ini sudah lumayan banyak dan malas kalau harus edit satu-satu.

Membuat Sendiri Template Redesign Kompi Flexible


Berhubung template Kang Adhy itu berbayar dan saya tidak punya uang, akhirnya saya mencari template lain yang gratis untuk kemudian saya redesign agar mirip seperti Kompi Flexible.

Dari Google saya mendapatkan sebuah template yang simple dan sepertinya cocok untuk dibuat redesign kompi flexible. Untuk style CSS ada yang saya pakai dari template demo, ada juga yang mengambil dari sana-sini. Yang penting desainnya sudah cukup menarik dan tetap ngebut.

Hasilnya adalah sebuah template redesign Kompi Flexible, tapi gratis 😂 Jika dibandingkan dengan template dari Kompi Ajaib, ini perbedaannya:
  • Desain post snippet di halaman depan dibuat mirip dengan Kompi Flexible AMP lawas.
  • Saya memakai rasio gambar 4:3, bukan 16:9 seperti pada template aslinya.
  • Menghapus related post yang menurut saya kurang penting.
  • Script gradasi warna saya ambil dari template VioMag tapi perpaduan warnanya custom agar lebih segar dan enak dipandang.
  • Tampilan homepage via mobile saya buat seperti Kompi Ajaib. Tanpa gambar, cukup judul posting dan snippet saja.
  • Javascript yang dipakai lebih sedikit sehingga halaman lebih cepat dimuat. Bahkan saya hampir tidak memakai javascript eksternal.
  • Menambahkan script lazy load image dari igniel yang lebih sederhana dan lebih cepat.

Optimasi Blog


Usaha memang tidak mengkhianati hasil. Meski cukup memakan waktu lama, akhirnya sekarang blog ini bisa tampil menarik dengan desain ala Kompi Flexible. Halamannya bahkan bisa lebih ngebut lagi dari tempalte redesign VioMagz yang pernah saya buat sebelumnya.

Lihat perbedaan kecepatan loading blog dari saat menggunakan template VioMagz di bawah ini :

VioMagz 2.8 Redesign versi Mas Aping

Kemudian bandingkan dengan hasil pengukuran oleh GTmetrix pada blog yang sekarang ini :

Kecepatan loading situs web

Tampak perbedaan yang cukup signifikan, bukan? Sebagai pelengkap, berikut saya berikan laporan dari Google Lighthouse dan Google Pagespeed Insight :
Hasil Pengukuran Google Chrome Lighthouse versi Desktop

Hasil Pengukuran Google Chrome Lighthouse versi Mobile

Hasil Pengukuran Google Pagespeed Insight VersiDesktop

Hasil Pengukuran Google Pagespeed Insight Versi Mobile

Hasil yang sangat lumayan. Tapi tentu saja seiring waktu tampilan dan konten blog ini akan terus berubah mengikuti jaman dan 'mood'. Semoga tulisan ini memberi inspirasi. Salam.

Update 15/08/2019:
Atas pertimbangan layout di halaman posting, rasio gambar saya kembalikan menjadi 16:9.
Minor change pada ukuran margin dan padding pada post snippet.
Menambahkan widget berlangganan.
Memasang kembali related post tapi dengan script yang jauh lebih ringan.

Silahkan tulis pesan sesuai topik artikel. Komentar dengan link tidak akan disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar