Skip to main content

Jadwal Pendaftaran CPNS 2019

Jadwal Pendaftaran CPNS 2019

Buat kamu yang ingin tahu jadwal pendaftaran CPNS tahun 2019 ini, pemerintah akan menyelenggarakan rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil atau CPNS 2019 pada bulan Oktober 2019 dengan kuota 100.000 orang.

Dikutip dari harian Kompas, pendaftaran CPNS 2019 akan dibuka setelah pelantikan Presiden dan Wakil Predisen terpilih. Namun untuk tanggal pastinya belum belum ada informasi lebih lanjut karena semuanya tergantung keputusan para menteri terkait. Meskipun demikian seluruh kesiapan infrastruktur untuk perekrutan CPNS telah disiapkan.

Perekrutan CPNS pada tahun ini masih menunggu persetujuan Presiden Joko Widodo karena pada Oktober 2019 nanti akan ada pergantian pemerintahan dari Jokowi-Jusuf Kalla ke Jokowi-Ma'ruf Amin. Selain itu, kabinet pun kemungkinan akan diisi oleh menteri yang berbeda.

Sempat beredar kabar bahwa rekrutmen calon pegawai negeri sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) akan dibuka mulai 23 Oktober 2019. Dalam pesan tersebut disebutkan pemerintah akan membuka sebayak 150.000 lowongan.

Rekrutmen teerdiri dari 100.000 tenaga guru (SD, SMP, SMU/SMK) dan 50.000 untuk tenaga kesehatan (Dokter, Bidan, Perawat, dan lain-lain).

Syarat Pendaftaran CPNS 2019


Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil (PNS), ada 9 syarat yang harus dipenuhi untuk mengikuti seleksi CPNS. Antara lain:
  • Berusia paling rendah 18 tahun dan paling tinggi 35 tahun pada saat melamar.
  • Tidak pernah dipidana dengan pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan.
  • Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS, prajurit Tentara Nasional Indonesia, anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia, atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta.
  • Tidak berkedudukan sebagai calon PNS, PNS, prajurit Tentara Nasional Indonesia, atau anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia.
  • Tidak menjadi anggota atau pengurus partai atau terlibat politik praktis.
  • Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan Jabatan.
  • Sehat jasmani dan rohani sesuai dengan persyaratan Jabatan yang dilamar.
  • Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia atau negara lain yang ditentukan oleh Instansi Pemerintah.
  • Persyaratan lain sesuai kebutuhan Jabatan yang ditetapkan oleh Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK).

Sedangkan persyaratan tambahan untuk masing-masing formasi ditentukan oleh PPK Kementerian/Lembaga/Dinas masing-masing.

5 Dokumen Penting untuk Persyaratan Seleksi CPNS


Meskipun belum merilis jadwal resmi pendaftaran CPNS 2019 dan P3K 2019, calon pelamar yang ingin mendaftar sebaiknya mulai mempersiapkan dokumen-dokumen berikut ini:
  1. Scan KTP
  2. Scan Kartu Keluarga
  3. Foto Diri
  4. Ijazah Terakhir
  5. Transkrip Nilai

Saat melakukan pendaftaran, dua hal yang paling dibutuhkan, yakni Nomor Induk Kependudukan yang tertera pada Kartu Tanda Penduduk Elektronik (eKTP) dan Nomor Kartu Keluarga.

Demikian informasi terbaru mengenai jadwal pendaftaran dan seleksi penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2019 terbaru yang bisa saya informasikan. Jika anda update berita terbaru akan langsung saya posting di blog ini, jadi pastikan kamu telah berlangganan dengan mengisikan email kamu pada kotak yang tersedia di bawah ini.

Silahkan tulis pesan sesuai topik artikel. Dilarang pasang komentar SPAM dan SARA!
Buka Komentar
Tutup Komentar