Skip to main content

𝗕𝗼𝗹𝗱 𝗧𝗶𝘁𝗹𝗲 𝗧𝗮𝗴, 𝗠𝗲𝗺𝗯𝘂𝗮𝘁 𝗝𝘂𝗱𝘂𝗹 𝗖𝗲𝘁𝗮𝗸 𝗧𝗲𝗯𝗮𝗹

Bold Title Tag Teknik SERP Terbaru
Sekarang saya akan bagikan sebuah teknik SEO terbaru yang belum banyak diterapkan yakni Bold Title Tag, sebuah teknik optimalisasi SEO terbaru yang bisa membuat judul artikel atau situs kamu bercetak tebal. Teknik ini bisa kamu gunakan untuk meningkatkan rasio klik-tayang (CTR).

Rasio klik-tayang atau CTR adalah rasio yang menunjukkan seberapa sering orang-orang yang melihat iklan pada akhirnya melakukan klik pada iklan tersebut. Rasio klik-tayang (CTR) dapat digunakan untuk mengukur seberapa baik performa kata kunci atau iklan kamu.

Jika beberapa waktu lalu para blogger ramai-ramai menggunakan tanda centang ( ) di depan judul artikelnya agar membuat pengunjung tertarik, kini ada teknik baru yang bisa kamu gunakan yakni dengan menggunakan Bold Title Tag.

Apakah Ini Teknik SEO Terbaru?


Awalnya saat saya sedang asyik berselancar di internet, saya menemukan sebuah hal menarik. Ada situs web yang menggunakan huruf bercetak tebal pada judul artikelnya dalam hasil pencarian Google. Kok bisa?

Cara membuat judul artikel cetak tebal

Biasanya huruf tebal hanya muncul pada bagian deskripsi penelusuran. Itupun hanya ditampilkan sebagai 'highlight' dari kata kunci yang digunakan. Tapi lain ceritanya kalau font bold itu tampil di judul artikel, tentu ada cara untuk membuatnya.

Dasar hati memang penasaran, saya langsung mencari cara membuat huruf tebal pada judul artikel pada nona Gugel. Dan pada akhirnya saya menemukan caranya dan berhasil menerapkannya pada blog ini.

Dengan menggunakan Bold Title Tag, situs kamu akan tampak menonjol dan 'lain daripada yang lain' di daftar hasil pencarian Google. Artinya, situs kamu akan punya kesempatan yang lebih besar untuk diklik atau dibuka. Yuk kita coba teknik SEO terbaru untuk meningkatkan jumlah pengunjung ini.

Cara Membuat Huruf Bercetak Tebal Pada Judul Artikel atau Judul Blog


Huruf bercetak tebal pada judul artikel (Bold Title Tag) ini sebenarnya menggunakan font bernama "Math sans bold". Google mengenali jenis huruf ini dan menampilkannya di hasil pencarian dalam bentuk tebal seperti highlight.

Untuk menggunakan font tersebut sangat mudah. Kamu bisa mengikuti panduan membuat huruf tebal pada judul artikel berikut ini:

  1. Bukalah situs Unicode Text Converter.

  2. Masukkan kata atau tulisan yang ingin dibuat menjadi cetak tebal pada kotak yang tersedia. Kamu bisa menggunakan huruf, angka, atau tanda baca di dalamnya.

  3. Klik tombol SHOW untuk melihat hasilnya.

  4. Kamu akan melihat daftar berisi perubahan bentuk font. Jenis-jenis font ini bisa kamu copy-paste seperti teks biasa.

  5. Perhatikan pada hasil konversi untuk "Math sans bold". Copy-paste teks dengan huruf tebal tersebut langsung ke judul artikel atau judul blog kamu.

  6. Teknik SEO meningkatkan SERP

  7. Simpan dan lihat hasilnya.

Secara umum, penggunaan font "Math sans bold" ini bisa diterapkan pada judul artikel, judul blog, bahkan pada deskripsi meta. Teknik SEO terbaru ini bisa kamu gunakan untuk semua platform blogging seperti Blogger, Wordpress, Joomla, dan lain sebagainya.

Font dengan cetak tebal ini juga dapat tampil dengan baik pada mode Desktop maupun Mobile. Memang tidak semua peramban situs atau web browser mengenali Bold Title Tag, tapi sebagian besar bisa menampilannya dengan benar.

Kamu bisa melakukan beberapa percobaan atau eksperimen dengan Bold Title Tag ini. Lihat performanya dengan menghitung trafik organik melalui Google Analytics dan CTR melalui Google Search Console. Selamat mencoba!

Silahkan tulis pesan sesuai topik artikel. Dilarang pasang komentar SPAM dan SARA!
Buka Komentar
Tutup Komentar