Skip to main content

Ini Manfaat Sayur Pakis yang Harus Kamu Tahu

Ini Manfaat Sayur Pakis yang Harus Kamu Tahu

Tidak banyak orang mengenal apalagi menkonsumsi sayur pakis. Padahal sayur satu ini cukup mudah ditemui di pasaran. Sayur pakis umumnya dimasak dengan santan sehingga memiliki citarasa yang gurih menggugah selera. Inilah 5 manfaat sayur pakis untuk kesehatan yang harus kamu tahu.

Sayur pakis atau sayur paku merupakan sayuran yang unik. Warnanya hijau, memiliki rasa yang khas dan renyah. Dalam khasanah kuliner Nusantara, sayur pakis dibuat menjadi gulai, campuran lawar, urap-urap, atau dimasak santan.

Sayur pakis diketahui kaya akan nutrisi namun rendah karbohidrat dan lemak. Oleh karena itu sayur pakis bisa dikonsumsi semua orang. Kandungan nutrisi yang terkandung dalam sayur pakis antara lain:
  • Vitamin A
    Daun pucuk pakis segar kaya akan antioksidan vitamin A. Vitamin A penting karena meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membantu menjaga kulit dan mata Anda tetap sehat, serta melindungi tubuh dari degradasi gigi, jaringan, otot, dan tulang.

  • Potasium
    Pakis adalah sumber potasium, artinya mengonsumsi daun ini dapat meningkatkan kesehatan jantung dan meningkatkan fungsi elektrolit. Kalium juga bermanfaat untuk kesehatan otot Anda, mencegah kram, serta memperbaiki kondisi tulang Anda.

  • Vitamin C
    Antioksidan lain yang ditemukan pada pakis adalah vitamin C. Vitamin C bermanfaat untuk menjaga sistem kekebalan tubuh, dan untuk melindungi dari infeksi. Selain itu, vitamin C juga memiliki beberapa fungsi lain, seperti mengurangi hipertensi, menyembuhkan luka, dan melindungi mata dari katarak.

  • Zat Besi
    Zat besi bermanfaat untuk meningkatkan energi, memastikan semua organ dalam tubuh teroksigenasi dengan baik, dan membantu mengatur suhu tubuh.

  • Mangan
    Mangan adalah mineral yang mendorong pembentukan enzim yang diperlukan untuk pertumbuhan tulang yang sehat. Selain itu, mangan juga sangat penting untuk mencegah perkembangan osteoporosis. Mangan juga membantu mengatur metabolisme dan menyeimbangkan kadar gula darah.

  • Omega-3
    Asam lemak Omega-3 dapat membantu melindungi tubuh dari kanker dan penyakit Alzheimer. Omega-3 juga memperbaiki kondisi kulit dan rambut, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan mengurangi peradangan.


Manfaat sayur pakis untuk Kesehatan


Dengan kandungan vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh, sayuran pakis memiliki banyak manfaat yang akan membantu menjaga kesehatan kamu. Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan menjadikan sayur pakis sebagai salah satu menu makanan sehari-hari:
  1. Meningkatkan kekebalan tubuh
    Pakis kaya akan antioksidan, seperti vitamin A dan vitamin C. Jadi, menambahkan pakis ke dalam menu diet harian Anda, dapat membantu melindungi tubuh Anda dari infeksi. Antioksidan ini juga membantu melindungi tubuh Anda dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas, yang dapat menyebabkan kanker dan penuaan dini.

  2. Meningkatkan kesehatan kardiovaskuler
    Karena kandungan niasin dan kaliumnya, makan pakis secara teratur dapat melindungi jantung dan menurunkan jumlah kolesterol dalam tubuh. Selain itu, pakis juga baik untuk menurunkan tekanan darah dan mengurangi peluang Anda terkena stroke, serangan jantung, dan penyakit jantung lainnya.

  3. Meningkatkan sel darah merah
    Pakis kaya akan zat besi, jadi mengonsumsi pakis dapat membantu menjaga jumlah sel darah merah Anda, melindungi Anda dari anemia, dan membua7t darah Anda kaya oksigen.

  4. Menjaga kesehatan mata
    Pakis mengandung sejumlah besar vitamin A, yang membantu melindungi penglihatan dan bahkan meningkatkan kesehatan penglihatan Anda. Pakis juga dapat melindungi mata Anda dari degenerasi makula seiring bertambahnya usia.

  5. Menjaga Kadar Gula darah
    Pakis merupakan sayuran yang mengandung mangan. Mangan dapat membantu mengatur fungsi tiroid serta menjaga kadar gula darah.

Itulah manfaat sayur pakis untuk kesehatan yang harus kamu tahu.Dengan banyaknya manfaat yang terkandung di dalamnya, sudah tidak ada alasan bagi kamu untuk tidak mengkonsumsinya. Cobalah, dan kamu akan ketagihan dengan cita rasanya yang lezat.

Silahkan tulis pesan sesuai topik artikel. Dilarang pasang komentar SPAM dan SARA!
Buka Komentar
Tutup Komentar