Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Manfaat Madu Untuk Kecantikan

8 Manfaat Madu Untuk Kecantikan

Selama ini banyak orang mengenal madu sebatas sebagai jenis makanan. Mungkin banyak yang tidak tahu kalau madu memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Dan tentu ada sejumlah produk kecantikan yang dapat dibeli di toko-toko yang berbahan dasar madu.

Buat kamu yang tak mau ribet. Tapi jika kamu lebih senang mengambil manfaat madu alami untuk memoles kecantikanmu, simak tips yang disuguhkan kali ini.

  1. Masker Madu

    Oleskan madu murni pada wajahmu dan biarkan selama kira-kira 15 menit hingga mengering. Setelah kering, basuhlah wajah dengan air hangat.

  2. Mandi Untuk Kulit Berkilau

    Untuk melembabkan, melembutkan, dan membuat kulit berkilau, bawa sebotol madu saat mandi. Oleskan ke kulit dan tepuk-tepuk dengan kedua tangan hingga mengering. Sementara menepuk-nempuk kulit, madu akan lengket di kulit Anda. Basuhlah bekas madu yang lengket tersebut setelah selesai mandi.

  3. Mandi Madu

    Untuk mendapatkan aroma yang manis dan kulit lembut, tambahkan ¼ hingga ½ cangkir madu di air mandi kamu.

  4. Scrub Madu

    Campurkan 1 sendok teh madu dengan sedikit tepung almond ke telapak tanganmu. Gosokan perlahan ke wajah sebagai scrub. Lalu basuh wajahmu dengan air hangat untuk mengangkat sisa madu.

  5. Pembersih Wajah Setiap Hari

    Campurkan 1 sendok makan madu dengan sedikit susu bubuk di telapak tangan. Oleskan di wajah untuk membersihkan semua kotoran dan make-up, lalu basuh hingga bersih dengan air hangat.

  6. Rambut Berkilau

    Untuk membuat rambutmu berkilau, campurkan 1 sendok makan madu, perasan satu jeruk nipis, dan sedikit air hangat. Bilas rambut kamu dengan shampo seperti biasa dan lalu tuangkan campuran tadi pada rambut. Keringkan dan lihat hasilnya.

  7. Conditioner Rambut

    Untuk menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala, campurkan ½ cangkir madu dan satu sendok makan minyak zaitun. Oleskan merata ke rambut dan kulit kepala, lalu ambil penutup rambut dan biarkan selama 30 menit dalam keadaan tertutup. Setelah 30 menit, basuh dengan shampo dan bilas rambut kamu seperti biasa.

  8. Toner Kulit

    Untuk mengencangkan, melembutkan dan melembabkan kulit, campurkan 1 buah kulit jeruk ditambah satu sendok makan madu kemudian blender hingga halus. Gosokkan perlahan campuran madu tadi ke wajah dan biarkan selama 15 menit. Lalu basuh wajahmu dengan air hangat untuk membersihkan campuran tadi.

Jika kamu mau sedikit repot, dengan tips yang diberikan di atas kamu bisa membuat produk-produk bak spa di rumah. Madu memang produk yang paling luar biasa untuk kecantikan dimana didalamnya terkandung enzyme bermanfaat, vitamin dan mineral.

Tapi, sebelum kamu melakukan eksperimen, pastikan produk madu yang dibeli 100% murni. Dan untuk kamu yang alergi pada madu, sebaiknya jangan mencoba resep ini.