Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Cek Daftar Nama Penerima Bantuan UMKM

Cara Cek Data Penerima Bantuan UMKM Online

Beberapa hari ini ramai berita tentang adanya penambahan 3 juta penerima BLT UMKM. Buat kamu yang sudah mendaftarkan UMKM tapi belum menerima SMS notifikasi, ini cara melihat daftar nama penerima bantuan UMKM

Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM) diketahui akan menambah kuota 3 juta penerima bantuan UMKM setelah sebelumnya sudah menyalurkan BLT UMKM kepada 9 juta penerima.

Sehingga totalnya ada 12 juta UMKM di Indonesia yang akan menerima bantuan uang tunai sebesar Rp2,4 juta. Bantuan ini diberikan sebagai stimulus ekonomi bagi para pelaku UMKM yang terdampak pandemi Covid-19.

Jika lolos verifikasi, para penerima bantuan UMKM akan mendapatkan SMS yang berisi pengumuman bahwa yang bersangkutan mendapatkan BLT UMKM Rp2,4 juta. Setelah itu, penerima bantuan harus melakukan verifikasi ke bank yang sudah ditentukan agar dana bisa dicairkan.


Syarat Pengajuan UMKM

Bantuan UMKM ini diberikan secara cuma-cuma alias hibah untuk membantu para pelaku usaha mikro yang benar-benar memenuhi persyaratan agar memiliki modal ketika membuka usahanya.

Untuk persyaratannya, penerima meruapakan WNI, tidak sedang menerima pinjaman dari perbankan, mempunyai KTP, memiliki usaha mikro (UMKM) yang dibuktikan dengan surat usulan dari pengusul, serta bukan anggota ASN, TNI/Polri, maupun pegawai BUMN/BUMD.

Prosedur bantuan ini memang sangat membantu masyarakat, namun penerapannya di lapangan termasuk rumit dan bertele-tele. Banyak peserta yang tidak mendapatkan SMS atau notifikasi apapun sehingga mereka tidak tahu apakah diterima atau tidak.

Tulisan ini dibuat untuk membantu kamu mencari tahu apa nama kamu termasuk dalam daftar penerima bantuan UMKM atau tidak.


Cara Mengetahui Bantuan UMKM Cair

Buat kamu yang sudah mendaftar tapi belum mendapatkan SMS atau informasi apakah BLT UMKM cair atau tidak, bisa gunakan cara berikut ini untuk melihat daftar penerima bantuan UMKM.

  1. Kunjungi situs berikut :

    http://pembiayaan.depkop.go.id/index.php/public/penerima/index

  2. Masukkan data UMKM yang kamu gunakan saat pendaftaran sebelumnya kemudian klik tombol Tampilkan.

  3. Apabila nama kamu atau nama usaha tampil pada tabel yang tertera di bawahnya, berarti kamu telah berhasil mendapatkan bantuan UMKM. Namun jika tidak, maka itu artinya kamu belum beruntung.

Itulah tadi cara cek data penerima bantuan atau BLT UMKM secara online. Jika nama kamu ada di dalam daftar penerima BLT UMKM, segeralah datang ke bank yang sudah disebutkan untuk mencairkan dana banpres.

Seperti yang sudah disebutkan, cara cek UMKM yang sudah cair bisa dilakukan secara online. Semoga dengan ini kamu jadi tidak bingung lagi dan galau menunggu bantuan UMKM. Selamat mencoba!


Catatan: Karena banyaknya orang yang mengakses situs di atas, loading situs mungkin sangat lambat. Silahkan ditunggu saja karena itu artinya beban server terlalu berat akibat banyaknya orang yang juga mengecek data mereka.


Belum ada komentar