Skip to main content

Mempercepat Internet Smart Haier C700

Mempercepat Internet Smart Haier C700

Baru beberapa minggu beli HP Modem terbaru dari SMART, Haier C700, saya merasa kurang puas dengan performa internetnya yang tergolong lemot alias lambat banget. Mungkin gara-gara promosi HP-nya yang ada di mana-mana membuat banyak orang membeli HP tersebut. Alhasil, koneksi internet ke server SMART membludak hingga akses internet jadi lemot.

Setelah membaca artikel dari HackCenter dan chuacollection yang cukup menarik perhatian saya, saya mencoba bereksperimen dengan kedua referensi di atas. Hasilnya, saya menemukan beberapa tips dan trik untuk mempercepat koneksi internet HP Modem SMART C700.

Apakah hanya untuk C700? Bagaimana dengan SMART tipe ZTE C261 yang notabene juga "satu saudara" dengan Haier C700? Caranya juga sama kok.. Namanya juga adik-kakak.. :) Dalam tutorial ini saya menggunakan Windows XP dan HP modem Haier C700 (punya yang tipe itu doank sih..)

Cukup dengan perkenalannya sekarang saatnya kita beraksi..!! Langkah pertama yang harus dilakukan adalah memastikan bahwa driver HP sudah terinstalasi dengan baik. Saya tidak akan menjelaskan langkah-langkah menginstall driver-nya karena hal tersebut sudah ada dalam broser petunjuk. Silahkan dibaca.. :)

Sekarang tekan kombinasi tombol [Windows] + [R] atau menu [Start - Run] untuk memunculkan kotak dialog "Run". Ketik dalam kotak yang tersedia: "gpedit.msc" (tanpa tanda kutip) disertai tombol Enter. Dalam jendela "Group Policy", bukalah folder berikut:

Computer Configuration - Administrative Templates - Network - QoS Packet Scheduler

Dalam folder yang bersangkutan anda akan menemukan entri "Limit reservable bandwith Properties". Klik dua kali untuk melakukan pengaturan. Pada jendela yang muncul, klik pada pilihan "Enabled" dan ubah manual "Bandwith limit" ke 0%. Klik tombol Ok untuk melanjutkan dan restart komputer anda.

Hal tersebut akan meniadakan akses bandwith yang digunakan oleh Microsoft sehingga seluruh bandwith yang tersedia dapat digunakan untuk akses internet biasa dan mempercepat koneksi internet.

Berikutnya adalah mengubah pengaturan (setting) koneksi Smart itu sendiri yaitu pada bagian username, password, dan dial number. Perubahan yang dilakukan ternyata berpengaruh pada kecepatan akses internet. Berikut adalah yang bisa anda coba:

1 (default)
Username : smart
Password : smart
dial no. : #777

2
Username : cdma
Password : cdma
dial no. : #777

3
Username : smart
Password : smart
dial no. : *31*11111#

4
Username : cdma
Password : cdma
dial no. : *31*11111#

5
Username : wap
Password : wap
dial no. : *31*11111#

6
Username : telkom
Password : telkom
dial no. : 080989999

Namun pada percobaan yang saya lakukan (setidaknya oleh HP dan laptop yang saya miliki), setting yang bisa dicoba hanya pada nomor 1 dan 2 dimana dial number tetap pada "#777". Saya tidak tahu apakah di tempat berbeda setting yang lain juga bisa dicoba?? Tips: setting nomor 2 terbukti lebih cepat dan stabil pada koneksi internetnya.

Cara lain yang dapat dilakukan untuk mempercepat koneksi internet adalah dengan meletakkan HP C700 dalam wajan cekung seperti yang biasa digunakan untuk memasak di dapur. Cara ini terbukti dapat meningkatkan performa antena HP sehingga penerimaan sinyal HP menjadi stabil dan tidak putus-putus. Bisa juga dengan meletakkan HP di atas lempengan aluminium yang cukup panjang sehingga sinyal yang diterima oleh HP dapat semakin banyak.

Hal berikutnya yang bisa kita lakukan adalah dengan memodifikasi browser internet yang kita gunakan. Cobalah gunakan browser Mozilla Firefox dan ikuti langkah-langkah mudah "Mempercepat Mozilla Firefox 3.5 Gila-gilaan" yang sudah saya posting sebelumnya.

Mungkin itu saja yang bisa saya bagikan kepada anda semua. Anda memiliki tips dan trik lainnya? Silahkan bagikan dalam blog ini.. :)

Tambahan : Untuk anda yang berminat ngoprek HP Haier C700, wajib baca artikel saya yang terbaru - Panduan QPST untuk Haier C700.

UPDATE: Cara di atas mungkin sudah tidak berlaku lagi.

Silahkan tulis pesan sesuai topik artikel. Dilarang pasang komentar SPAM dan SARA!
Buka Komentar
Tutup Komentar