Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mudah Merawat dan Membersihkan Batu Alam

Cara Mudah Merawat dan Membersihkan Batu Alam

Bagi rumah minimalis yang akan dipasangi oleh batu alam tentunya akan membuat tampak lebih alami karena batu alam memiliki corak serta warna yang beraneka ragam.

Batu alam kerap digunakan dalam dinding maupun lantai. Dengan penambahan batu alami akan membuat seakan rumah itu menjadi menyatu dengan alam.

Agar nilai seni serta tingkat kecerahan warna batu alam tidak menjadi pudar dan tetap terjaga, perawatan tentu harus dilakukan. Di bawah ini ada beberapa cara untuk dapat merawat batu alam:


Cara Membersihkan Batu Alam dari Lumut

Untuk membersihkan batu alam dari lumut hijau yang mengganggu dan membuat licin, semprotkan air dengan keras pada batu alam hingga ke bagian sela-sela antara batu alam yang satu dengan yang lainnya.

Kemudian gunakan sikat atau sabut kelapa dan sabun untuk menggosok noda kotoran yang ada di batu alam. Lalu siram kembali menggunakan air sampai benar-benar bersih.

Kamu bisa juga menggunakan air panas untuk mempercepat proses pembersihannya. Air yang panas akan membuat lumut cepat rontok dan mudah dibersihkan. Lalu biarkan batu alam itu sampai betul-betul kering.


Cara Membersihkan Batu Alam agar Terlihat Mengkilap

Guna mendapatkan hasil yang lebih memuaskan, kamu bisa mengoleskan bahan pelapis batu alam atau juga dipernis yang biasa disebut coating. Jika di-coating maka batu alam akan menjadi semakin indah warnanya dan tidak pudar, dan juga akan tampak lebih tajam serta mengkilap.

Selain itu juga akan membuat batu alam menjadi semakin tahan terhadap cuaca dan tak mudah kotor. Cara mengkilapkan batu alam dapat anda lakukan ketika cuaca cuaca sedang terik.

Cuaca dapat mempengaruhi proses serta hasil pemasangan pelapis pada batu alam. Jika kurang terik, maka warnanya akan menjadi gelap.


Cara Membersihkan Batu Alam dengan HCL

Jika terdapat noda membandel seperti kerak, maka coba lakukan pembersihan tambahan dengan menggunakan bantuan alat pengerik serta cairan HCL untuk pembasmi lumut.

Oleskan cairan pembasmi lumut HCL pada batu alam, setelah itu tunggu sekitar lima menit. Kemudian sikat sampai lumut hilang siram menggunakan air. Jika lumut masih membandel maka terpaksa anda harus mengerik lumut itu.

Yang perlu diingat, bahan kimia pembersih batu alam tergolong bahan ki9mia yang keras dan berbahaya bagi kesehatan. Jangan sampai terhirup atau tertelan. Gunakan secara hati-hati dan jauhkan dari jangkauan anak-anak.


Belum ada komentar