Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Hapus Link Aktif di Komentar

Cara Hapus Semua Link Aktif di Kolom Komentar

Menjelang tidur saya sempatkan menulis blog untuk membagikan tutorial menarik. Kali ini saya akan memberikan cara menghapus semua link aktif yang ada di dalam komentar blog kamu. Cara ini juga bisa dipakai untuk mengatasi broken link di Blogger.

Semua link aktif akan otomatis terhapus, baik yang ada dalam isi komentar ataupun yang tercantum dalam nama komentator atau pengirim komentar. Ide menghapus semua link aktif pada komentar ini berawal dari keisengan saya ketika mencoba layanan broken link checker yang banyak beredar di internet.

Link ke domain yang sudah mati atau broken link


Seperti yang sudah saya jelaskan di posting sebulan lalu, blog ini adalah pindahan atau migrasi dari blog lama saya di safril.wordpress.com. Blog lama ini memiliki banyak komentar dari para pengunjungnya. Dan ketika saya ekspor ke blog Oom.web.id ini, komentar ikut berpindah tempat.

Komentar dari blog terdahulu banyak yang sudah mati atau tidak aktif lagi. Dan ternyata ini berpengaruh ke banyaknya broken link di blog saya yang baru ini. Broken link sedikit banyak mempengaruhi kualitas SEO sebuah blog. Dengan banyaknya link yang mati otomatis kualitas SEO juga buruk.

Cara mengatasi broken link pada blog


Cara paling sederhana untuk mengatasi broken link adalah dengan menghapus komentar yang di dalamnya terdapat link yang sudah mati. Tapi cara ini memang merepotkan. Belum lagi jika jumlah link yang mati atau tidak aktif sangat banyak tentu akan sangat menguras waktu dan tenaga.

Beberapa template memang ada yang memasang script untuk menghapus link hidup pada komentar secara default atau bawaannya. Tapi tidak pada nama pengirim pesan atau komentatornya.

Setelah sedikit surfing di internet, saya mendapatkan script yang saya cari, yakni bagaimana cara menghapus semua link yang ada pada kolom komentar. Termasuk dalam isi pesan maupun nama pengirimnya.

Cara pasang script hapus link aktif di komentar


Untuk menghapus link hidup atau link aktif di dalam komentar, kamu bisa menggunakan cara ini.

Seperti biasa, bukalah Dashboard blog kamu lalu tempatkan script di bawah ini persis di atas </body>

<script type='text/javascript'>
//<![CDATA[
$(function(){$('#comments p').find('a').contents().unwrap();});
//]]>
</script>

Tekan tombol Simpan dan lihat hasilnya.

Jika kamu juga ingin menghapus link yang menempel pada nama penulis komentar, ganti script di atas menjadi ini:

<script type='text/javascript'>
//<![CDATA[
$(function(){$('#comments p').find('a').contents().unwrap();});
$(function(){$('.user').find('a').contents().unwrap();});
//]]>
</script>

Script di atas menggunakan fitur jQuery. Jika cara ini gagal, kemungkinan karena tempalte blog yang kamu pakai memang tidak memakai jQuery. Solusinya, kamu bisa menggunakan cara terbaru yang sudah Oom posting. Silahkan baca "Cara Hapus Link Aktif di Komentar Terbaru".

Catatan:
Mematikan semua link hidup pada komentar, termasuk nama pengirimnya, memang bagus bagi SEO karena membuat outbound link kamu berkurang dan menghindari link spam.
Tapi, orang jadi malas untuk berkunjung ke blog kamu. Pikirkan dua kali sebelum kamu memasang script di atas, kecuali memang sudah terlalu banyak link mati atau broken link di situs kamu.

Posting Komentar untuk "Cara Hapus Link Aktif di Komentar"