Skip to main content

Cara Mengamplas Kayu yang Benar

Cara Mengamplas Kayu yang Benar

Halo pembaca blog Penyu Biru! Memasuki awal tahun 2019 ini saya akan membagikan informasi bagaimana cara mengamplas kayu yang benar. Meski tampak sederhana dan sepele, ternyata masih banyak yang belum tahu atau masih salah dalam mengamplas kayu agar halus dan rapi.

Dalam mengamplas logam, batu, atau kayu punya teknik masing-masing. Kita perlu mempelajari setiap tekniknya agar permukaan benda yang kita amplas tidak menjadi cacat atau rusak.

Pada pengamplasan kayu, kita akan membahas tentang bagaimana cara mengamplas permukaan kayu sebelum memasuki tahap pengecatan atau finishing. Tujuan dari pengamplasan adalah untuk menghaluskan permukaan bahan dengan cara digosok dengan amplas.

Tingkatan seberapa halus atau kasar pada amplas ditunjukkan oleh angka yang tercantum di balik amplas tersebut. Semakin besar angka yang tertulis berarti akan semakin rapat susunan pasir amplas tersebut sehingga hasil finishingnya menjadi sangat halus.

Cara Mengamplas Kayu yang Benar

Sekarang saya akan menjelaskan cara pengamplasan kayu yang benar, mulai dari tahap persiapan sampai finishing dimana hasil amplas permukaan kayu sudah cukup halus.

Prinsip utama dalam proses pengolahan kayu adalah membersihkan defect atau cacat pada permukaan kayu. Meskipun cacat pada kayu tidak bisa 100% dihilangkan, setidaknya kita bisa mengurangi atau menyamarkan cacat atau kekurangan tersebut.

Dalam hal ini kita perlu menyortir atau menentukan mana yang tergolong cacat minor (cacat yang tidak terlalu parah) dan mana yang tergolong cacat mayor (cacat yang membutuhkan penanganan khusus).

Demi efisiensi, sebaiknya sebelum mengamplas terlebih dahulu kita harus menyortir bahan baku kayu yang digunakan. Pilihlah kayu yang bebas dari mata kayu, lubang-lubang, noda, atau retakan. Dengan demikian akan menghemat banyak waktu dan tenaga.

Proses pengamplasan kayu harus dilakukan sebelum proses perakitan karena jika sudah dirakit akan lebih sulit untuk mengamplas.

Tips Memilih Amplas yang Tepat

Banyak orang yang masih bingung bagaimana cara memilih amplas yang tepat untuk setiap kayu. Di pasaran, amplas tersedia untuk berbagai macam peruntukan. Ada yang dibuat untuk besi, batu, kayu keras, atau kayu lunak. Jadi sebelum mengamplas pastikan kamu sudah tahu jenis kayu yang akan dihaluskan.

Pilihlah kertas amplas yang bagus dan tidak mudah rontok. Banyak orangmengira jika memakai kertas amplas yang paling halus berarti akan mendapatkan permukaan kayu yang baik juga. Hal ini tidak sepenuhnya benar karena tergantung dari jenis kayu apa yang diamplas.

Langsung memakai amplas paling halus juga akan sangat memakan waktu dan tenaga jika cacat pada kayu masih banyak. Biar bagaimanapun, proses pengamplasan lebih baik dilakukan secara bertahap berdasarkan grit atau ukuran amplas.


Setelah kayu melewati proses mesin atau alat seperti ketam, serut, dan lain sebagainya, pilihlah grit amplas pertama dengan ukuran atau nomor 80 hingga 100. Kertas amplas kasar ini berguna untuk membersihkan dan merapikan serat kayu yang besar, bekas potongan mesin, atau bagian yang kasar lainnya.

Jika sudah rapi, lanjutkan dengan grit 120, 220, atau 240. Pada grit dengan ukuran ini serat kasar pada kayu sudah tidak terlihat. Tergantung jenis kayunya, pada kayu keras kita juga bisa melanjutkan ke grit amplas nomor 320 sebelum memasuki proses finishing.

Metode Pengamplasan

Saat pertama kali mengamplas kayu dengan amplas kasar kita menggunakan teknik mengamplas berlawanan arah serat kayu. Dengan cara ini proses menghaluskan dan memotong serat kayu yang kasar akan lebih cepat dan efisien. Setelah cukup halus, proses pengamplasan berikutnya dilakukan searah dengan serat kayu. Hal ini dimaksudkan agar serat yang sudah halus pada proses sebelumnya tidak rusak.


Jika kita melakukan pengamplasan secara manual, gunakan kayu kecil yang dibungkus dengan bahan yang lebih lunak (softboard) sebagai "klos" amplas. Klos ini akan membantu kita dalam membuat alur pengamplasan yang lebih rata dan datar. Selain itu bisa menghindarkan tangan kita dari luka akibat goresan dengan kayu dan amplas.

Silahkan tulis pesan sesuai topik artikel. Dilarang pasang komentar SPAM dan SARA!
Buka Komentar
Tutup Komentar