Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hikayat Seekor Beruang dan Ikan Kecil

Hikayat Seekor Beruang dan Ikan Kecil

Suatu hari seekor beruang menunggu di tepi sungai untuk menangkap ikan. Setelah sepanjang hari menanti, akhirnya ia berhasil menangkap seekor ikan kecil. Namun, ikan kecil itu membujuk beruang agar melepaskannya. "Wahai beruang yang baik, janganlah engkau memakan saya, saya ini kecil tak akan membuatmu kenyang. Bagaimana kalau kamu lepaskan aku dan tunggu aku beberapa bulan lagi, saat itu aku sudah gemuk dan engkau pasti kenyang memakanku."

Beruang tertawa dan menjawab: "Apakah kamu tahu kenapa saya bisa tinggi besar dan kuat seperti sekarang? karena saya tak pernah melepaskan keberuntungan yang sudah ada di tangan untuk ditukar dengan sesuatu yang sudah pasti di masa depan, sekecil apapun keberuntungan itu."

Cerita rakyat yang dikutip dari buku Sin Cing ini menggambarkan betapa kita jangan mensia-siakan kesempatan sekecil apapun. Jangan terjebak dengan harapan besar yang tidak dapat dipastikan di masa depan. Melainkan kita harus memanfaatkan kesempatan sekecil apapun untuk menggapai cita-cita yang besar.

Kesabaran, ketekunan, keyakinan, dan mensyukuri apa yang diperoleh merupakan sesuatu yang sangat positif bagi masa depan. Musuh utama dalam diri kita adalah rasa takut, takut gagal, takut melangkah, takut salah, putus asa, dan lain-lain. Bayangan-bayangan suram hanya akan menghambat langkah kita untuk maju.