Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Ganti DNS di Ubuntu

panduan Cara Ganti DNS di Ubuntu
Artikel ini merupakan kelanjutan dari artikel saya sebelumnya, "Panduan Setting Modem Aha di Ubuntu 11.10". Kali ini saya akan berbagi bagaimana cara mengganti DNS default dari Aha ke DNS lainnya, misalnya Open DNS Google atau dari Open DNS. Seperti yang kita tahu bersama, provider ISP lokal (misalnya Esia, Telkomsel, Indosat, dll) membatasi hak akses ke halaman tertentu yang berisi muatan pornografi, kekerasan, dan lain sebagainya. Terkadang justru website yang biasa-biasa saja juga menjadi korban. Capek dehh.

Cara ini bisa dipraktikkan dengan tipe modem apa saja asalkan komputer sudah terhubung dengan internet. Langsung saja ke praktik, ya? Pastikan koneksi internet sudah OK di komputer. Buka terminal dan ketik perintah berikut:
sudo gedit /etc/resolv.conf
Boleh menggunakan editor lain misalnya vi, leafpad, dll. Akan terbuka jendela baru dan ubah susunan konfigurasinya menjadi :
nameserver 8.8.8.8
nameserver 8.8.4.4
Simpan kemudian tutup jendela editor tersebut. Lanjutkan dengan mengetikkan perintah berikut di terminal untuk melakukan restart jaringan. Langkah ini dibutuhkan agar pengaturan yang kita lakukan sebelumnya bisa berjalan dengan baik.
sudo /etc/init.d/networking restart
Taraaa..!!! Selesai sudah langkah mengubah DNS di Ubuntu. Mudah, bukan? Jika masih belum percaya, silahkan coba ketik perintah berikut di terminal :
sudo nslookup server
Biasanya akan tampil seperti bawah ini dan itu artinya DNS Ubuntu telah berubah sesuai yang tadi disetting.
Server : 8.8.8.8
Address : 8.8.8.8#53
Tips: Untuk mengubah DNS ke OpenDNS, ganti setting di /etc/resolv.conf menjadi:
nameserver 208.67.222.222
nameserver 208.67.220.220