Skip to main content

Website untuk Membagikan Code dan Script

Website untuk Membagikan Code dan Script

Dalam artikel ini saya akan memberikan info seputar website untuk membagikan code dan script. Terkadang kita membutuhkan cara membagikan code atau script online, misalnya berupa template, code snippet, atau javascript. Ada 2 jenis website penyedia layanan berbagi code online, dari yang sekedar membagikan script dan yang punya fitur pengeditan bersama.

Sebenarnya kamu bisa saja langsung menuliskannya di posting. Tapi jika script atau kode yang dituliskan terlalu panjang dan rumit tentu jadi tidak sedap dipandang. Kode script memakan banyak tempat, itu membuat artikel kamu jadi panjang dan membosankan.

Solusinya adalah dengan memanfaatkan layanan berbagi code atau script secara gratis. Jadi kamu tidak perlu menuliskan script yang panjang lagi di halaman posting. Cukup arahkan pembaca ke halaman share script online ini dan kamu bisa fokus membuat artikel yang menarik dan berkualitas.

Sekarang saya akan membagikan daftar 6 website yang menyediakan layanan berbagi kode atau script secara gratis.

1. GitHubGist

website berbagi script online gist github

Gist dari GitHub menduduki posisi pertama untuk layanan berbagi script online. Sifatnya gratis dan mendukung banyak bahasa pemrograman secara otomatis. Jika kamu sudah punya akun di GitHub maka Gist akan terhubung langsung dengan GitHub kamu.

Fitur dari Gist antara lain kemampuan fitur revisi untuk melihat perubahan yang sudah kamu lakukan, embed atau pasang langsung script di blog kamu, download script dalam format zip, dan copy script dalam format raw/teks.

Kekurangannya, tapilan Gist bisa dibilang sangat sederhana. Script yang sudah dibuat tidak bisa dikelompokkan atau dibuat kategori, dan kita tidak bisa download script dengan ekstensi sesuai bahasa pemrogramannya.

2. Pastebin

website berbagi script online pastebin

Pastebin jamak dipakai blogger Indonesia untuk berbagi script secara online. Fiturnya cukup lengkap meskipun banyak yang hanya bisa dinikmati melalui versi berbayarnya.

Secara default Pastebin memiliki fitur Paste Expiration untuk mengatur batas kadaluarsa script, izin tampilan (public, unlisted, dan private), dan pengaturan bahasa pemrograman yang digunakan secara manual.

Jika dibandingkan dengan Gist, Pastebin tidak memiliki fasilitas changelog atau revisi. Tapi sebagai gantinya, ada fitur Clone jika kamu ingin membuat kloning dari script yang sedang kamu baca tanpa harus repot melakukan copy-paste.

Pastebin memiliki fitur berbayar untuk mengaktifkan layanan PRO. Dengan layanan PRO kamu bisa mendapatkan fasilitas bebas iklan, tanpa captcha, folder, mode malam, penyimpanan otomatis, dan lain sebagainya.

3. CodePile

website berbagi script online codepile

CodePile memiliki tampilan yang modern dengan material design. Kamu bisa menggunakan layanan berbagi kode dan script ini secara gratis dan tanpa batas waktu.

Code dan script yang dituliskan memiliki grid yang mempermudah dalam membaca dan mempelajari script. Ada 2 pilihan tema yang bisa kamu pilih yakni Light dan Dark yang bisa kamu atur sesuai keinginan.

Kelebihan CodePile adalah adanya fitur untuk menonaktifkan Read Only mode. Jadi kamu bisa membuat orang lain untuk ikut berkontribusi dalam script yang sedang kamu tulis.

Kekurangannya, CodePile tidak menyediakan fitur download script. Jadi kamu hanya bisa melakukan copy dan paste script secara manual. Tombol Fullscreen yang ada pojok kanan layar juga cukup mengganggu saat kamu melakukan scrolling.

4. Codepad

website berbagi script online codepad

Codepad menyediakan layanan script editor dan compiler yang cukup lengkap seperti Codepen. Untuk berbagi script kamu bisa menggunakan fitur Snippets yang mereka sediakan.

Fasilitas Snippets yang disediakan sangat sederhana dan minimalis. Sama seperti Codepile, ada fitur grid untuk mempermudah dalam mebaca script yang disajikan. Selebihnya tidak ada yang istimewa.

Bahkan Codepad tidak memiliki fitur download script, raw, apalagi clone. Benar-benar hanya copy dan paste saja. Jujur saya tidak terlalu suka dengan Codepad. Pada tampilan Snippets yang dibagikan juga banyak diselipkan iklan yang mengganggu.

5. Codeshare

website berbagi script online codeshare

Codeshare tidak hanya memberikan layanan berbagi script, tapi juga pengeditan bersama. Semua orang yang kamu bagikan linknya bisa ikut melakukan editing atau perubahan pada script, bahkan tanpa harus mendaftar atau login terlebih dahulu.

Ada juga fasilitas video chat yang membantu kamu untuk saling berbagi dengan para kolaborator. Sebaiknya, hanya bagikan link dari Codeshare pada orang yang sudah dipercaya. Jika tidak, siapa saja bisa seenaknya mengubah bahkan menghapus script yang sudah kamu buat.

Tampilan Codeshare bisa dibilang minimalis. Tidak banyak fungsi dan pengaturan lanjutan untuk menggunakan fasilitas berbagi script gratis ini. Kelebihannya, Codeshare punya banyak theme script yang bisa kamu pilih sesuai keinginan.

6. Pasted

website berbagi script online pasted

Pasted, atau yang dulu lebih dikenal dengan TinyPaste, juga menyediakan layanan berbagi script gratis. Untuk alasan keamanan, Pasted tidak mengizinkan mesin pencari untuk menemukan script yang kamu tulis. Jadi semua yang kamu simpan akan aman.

Kamu juga bisa mendapatkan penghasilan dari Pasted. Pasted akan membayar $2 untuk setiap 1.000 kunjungan. Dengan minimal pembayaran hanya $5 via Paypal, Payoneer, atau Bitcoin kamu bisa memanfaatkan layanan berbagi script untuk mendulang uang.

Dari website-website penyedia layanan berbagi lainnya, Pasted adalah yang paling sederhana. Fiturnya yang paling istimewa menurut saya adalah kita bisa mengunci script dengan memberikan password. Jadi hanya orang-orang tertentu saja yang kamu berikan password yang bisa melihat scriptnya.

Silahkan tulis pesan sesuai topik artikel. Dilarang pasang komentar SPAM dan SARA!
Buka Komentar
Tutup Komentar