Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Dosa Besar Blogger Pemula

7 Dosa Besar Blogger Pemula
Sebagai orang yang baru dalam dunia blogging, sangat wajar bagi para blogger pemula untuk melakukan kesalahan. Tapi bagaimana jika hampir semuanya melakukan kesalahan yang sama? Maka inilah daftar 7 dosa besar blogger pemula versi Mas Aping yang wajib kamu baca!

1. Ngeblog untuk mendapatkan penghasilan

ngeblog untuk dapat penghasilan dari adsense

Hampir semua anggota baru di grup facebook mengakui bahwa mereka membuat blog karena terpikat penghasilan yang diraih oleh para blogger senior. Memang bukan hal yang salah, tapi untuk mendapatkan penghasilan itu butuh proses dan waktu yang panjang.

Tidak mungkin blog baru bisa diterima AdSense; kecuali kamu sudah terdaftar sebelumnya. Secara umum, Google mensyaratkan usia blog minimal 6 bulan dengan lebih dari 20 post dan 1.000 kali penayangan. Kurang dari itu bisa diterima? Kamu beruntung! 😎

2. Plagiat artikel atau tulisan orang lain

plagiat atau copy paste tulisan orang lain

Ini yang paling sering, paling umum, dan paling banyak ditemui. Para blogger pemula yang pemalas ini dengan seenaknya copy-paste tulisan di blog lain mentah-mentah. Mereka tidak tahu bahwa apa yang mereka lakukan bisa berdampak buruk ke depannya.

Mesin pencari utama seperti Google, Bing, Yahoo, dan Yandex punya algoritma canggih yang sanggup mendeteksi konten duplikat. Jika ketahuan, blog plagiat bisa dihapus dari semua mesin pencari. Jadi harus mengulang dari awal lagi deh 😑

3. Memakai template premium secara ilegal

bahaya memakai template premium ilegal

Salah satu jeleknya blogger senior dan web developer itu ya ini, jarang membagi template unggulan mereka secara gratis. Para blogger pemula ini tentu tak kurang akal. Gunakan jasa Ki Google, maka semua template premium nan mahal bisa didapat secara gratis.

Mereka tidak sadar bahwa bisa saja dalam template gratis rasa premium itu disusupi kode berbahaya. Mereka juga tidak mau memahami beragam kesulitan yang dialami pembuat template, waktu yang terbuang, dan otak yang terkuras akibat mendesain si template premium 😠

4. Membuat banyak blog sekaligus

blogger pemula membuat banyak blog sekaligus

Para blogger pemula; termasuk saya 😬; seringkali tidak sadar sudah membuat banyak blog sekaligus. Umumnya mereka membuat blog dengan topik atau niche yang berbeda-beda dengan harapan semuanya akan menghasilkan uang suatu saat nanti.

Blogger pemula ini belum tahu bagaimana rasanya mengurus beberapa blog sekaligus dengan niche yang berbeda-beda. Belum lagi kalau blognya berjumlah puluhan bahkan ratusan. Akibatnya banyak blog yang tidak terurus dan akhirnya mati suri. Lama-kelamaan karena bosan akhirnya berhenti blogging.

5. Suka berburu domain gratisan

daftar domain gratis terbaru 2018

Domain pertama saya adalah .COM pada tahun 2008 yang didapat setelah memenangkan kontes blog. Tidak kuat beli sendiri waktu itu. Maklum, harga domain tergolong mahal. Tidak semua blogger pemula berdompet tebal, maka berburu domain gratis seperti GA, TK, ML, CF, GQ, atau ZONE.ID jadi andalan untuk mengekspose jati diri.

Mereka tidak tahu bahwa domain gratisan menyimpan banyak kelemahan. Mulai dari prioritas index yang rendah, susah bersaing di Google, nilai SERP yang buruk, bahkan sering dianggap web spam dan di-blacklist oleh banyak negara. 😱

6. Banyak bertanya, tidak mau membaca

banyak bertanya tapi tidak mau membaca

Jika kamu bergabung di grup facebook khusus blogger, kamu akan sering menemui pertanyaan seputar hal paling dasar dari ngeblog. Pertanyaan-pertanyaan itu biasanya sudah sangat umum dan banyak dijelaskan jawabannya di internet.

Lalu kenapa masih bertanya? Situ buat blog tapi malas buat baca blog orang lain? Setiap ada kesulitan, carilah dulu jawabannya di internet. Jika sudah mentok dan masih belum menemukan solusi, para blogger sepuh nan berkharisma akan menjawab semua pertanyaanmu dengan senang hati 😇

7. Jarang blogwalking

blogwalking saling berkunjung ke blog orang lain

Masih di lingkungan media sosial, kamu pasti sering menemukan blogger yang meminta kunjungan ke blog pribadinya. Ada yang murni ingin blogwalking, atau hanya ingin dikunjungi saja. Kadang memakai modus pura-pura bertanya dan berharap agar orang lain terpancing dan membuka blognya 😡

Sering-seringlah berkunjung ke blog orang lain dan tinggalkan pesan agar mereka juga mengunjungi blog kamu. Dengan begitu, kamu telah membangun jaringan blog sendiri. Semakin berkualitas artikel yang kamu tulis maka semakin banyak orang yang akan datang berkunjung.

Posting Komentar untuk "7 Dosa Besar Blogger Pemula"