Skip to main content

Cara Menghilangkan Kutu Kucing di Rumah

Cara Membasmi Kutu Kucing di Kamar

Sering melihat kucing suka menggaruk badannya? Mungkin dia terkena kutu. Jika sudah terserang kutu, kutunya bisa menyebar ke seluruh bagian rumah sehingga bisa mengganggu kesehatan anggota keluarga. Lalu bagaimana cara menghilangkan kutu kucing di rumah?

Kutu kucing (Ctenocephalides felis) memiliki ukuran yang sangat kecil sehingga sulit dilihat dengan mata telanjang. Kutu tidak bersayap, tapi memiliki sepasang kaki belakang yang sangat kuat untuk melompat dan berpindah tempat. Kutu memperoleh nutrisi dari menghisap darah makhluk hidup lainnya. Bagian mulutnya memiliki pencapit yang dapat merobek kulit dengan mudah dan menghisap darahnya.

Bahaya Kutu Kucing


Kutu pada kucing bisa menyebabkan berbagai penyakit. Yang paling jamak ditemui, kucing terkena scabies atau yang lebih dikenal dengan sebutan kudis dan gudiken. Scabies akan membuat kucing selalu merasa gatal, bulunya akan rontok dan kulitnya menebal (berintik).

Jika tak ditangani, kucing akan mudah terkena anemia, hilangnya nafsu makan, dan mudah terserang penyakit lainnya. Akibatnya bisa fatal karena bisa berdampak kematian bagi kucing.

Ciri-ciri Gigitan Kutu Kucing pada Manusia


Sudah banyak penelitian membuktikan bahwa kutu kucing pada manusia juga bisa menginfeksi. Kutu kucing di kulit manusia akan masuk hingga lapisan epidermis dan membuat lorong-lorong untuk meletakkan telur.

Ketika kutu membuat lorong ini zat antibodi tubuh akan mencoba menolaknya dengan melepas zat-zat kimia dan menyebabkan inflamasi. Pada permukaan kulit akan tampak bentol-bentol yang memanjang seperti cacing. Rasanya akan sangat gatal dan mengganggu aktifitas sehari-hari.

Sumber Penyebaran Kutu Kucing


Banyak penyebab kucing kita tertular kutu, tapi yang paling umum terjadi sumber penyebarannya berasal dari kontak langsung dengan kucing atau binatang lain yang sudah terinfeksi kutu.

Kutu bisa hidup tanpa makan selama beberapa waktu. Mereka biasa bersembunyi di tempat lembab dan gelap seperti di perabotan dalam rumah, dekat pot tanaman, atau yang dekat sumber air. Jika kucing mendekat ke wilayah kutu barulah si kutu menyerang kucingmu.

Mengobati Kucing yang Terkena Kutu


Sebelum kita mencari tahu cara membasmi kutu kucing di kamar dan rumah, ada baiknya kita fokus mengatasi sumber penyebabnya. Kita harus mengobati kucing yang terkena kutu terlebih dahulu.

Untuk mengobati kutu kucing, kamu bisa memakai shampoo kucing anti kutu atau spray kutu kucing yang banyak dijual di toko hewan peliharaan. Adapun untuk obat kutu kucing di apotik yang bisa dipakai antara lain obat kutu kucing revolution dan obat kutu kucing detick.

Baca dan ikuti petunjuk pakai dalam kemasannya secara teliti. Jika kutu tidak bisa dibasmi dengan cara ini, bawalah kucing kamu ke dokter hewan untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Cara Membasmi Kutu Kucing di Kamar


Sebelum mulai membersihkan kamar dan seisi rumah, jangan lupa pindahkan semua hewan peliharaan ke tempat yang lebih aman dan jauhkan anak-anak karena mereka rawak terpapar kotoran, debu, kutu, atau obat yang digunakan.

Untuk menghilangkan kutu kucing kita bisa mulai dari kamar dimana di tempat itulah kita istirahat dan banyak beraktifitas dalam rumah. Untuk langkah awal, bersihkan seluruh penjuru kamar hingga ke sudut-sudut yang tak terjangkau. Kamu bisa menggunakan penghisap debu untuk melakukannya.

Cuci benda-benda yang sering dipakai kucing seperti tempat tidur, boneka, atau mainan kucing. Kalau perlu, siram dengan air panas untuk mematikan kutu dan telurnya.

Cuci kain sprei dan bantal guling dalam mesin cuci. Tambahkan sedikit zat antiseptik ke dalamnya untuk meamstikan kutu akan mati. Sedangkan untuk cara menghilangkan kutu kucing di karpet dan gorden kamu bisa membawanya ke tempat laundry.

Mefisto obat anti kutu kucing

Bersihkan Rumah dan Halaman untuk Menghilangkan Kutu Kucing


Jika kamar sudah bersih, lanjutkan ke seluruh bagian rumah terutama tempat dimana kucing sering berada. Bersihkan lantai dengan kain pel dan obat pembersih lantai anti kuman. Gunakan kain lap untuk membersihkan seluruh permukaan dalam rumah.

Semprotkan insektisida atau obat semprot kutu ke tempat-tempat yang sering dikunjungi kucing. Kamu bisa menggunakan mefisto atau obat pemabasmi serangga biasa untuk melakukannya.

Sedangkan area luar dan terbuka seperti halaman dan kebun punya cara tersendiri. Gunakan obat pembasmi hama khusus tanaman dan semprotkan ke seluruh halaman atau kebun. Kamu bisa mendapatkannya di toko tanaman.

Cara Mencegah Kutu Kucing


Setelah kucing yang terkena kutu diobati dan seisi rumah telah dibersihkan, pastikan kutu kucing tidak datang kembali. Jagalah kebersihan kucing dan anggota keluarga. Mandikan kucing minimal sekali seminggu dan gunakan shampoo anti kutu.

Kamu juga bisa menggunakan sisir serit atau sisir kutu kucing untuk menyisir bulu-bulunya. Jika kamu temukan kutu di dalamnya atau tanda-tanda scabies, segera obati sebelum menular ke hewan lain atau anggota keluarga.

Silahkan tulis pesan sesuai topik artikel. Dilarang pasang komentar SPAM dan SARA!
Buka Komentar
Tutup Komentar