Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Tips Agar Baterai Android Tidak Boros dan Tahan Lama

10 Tips Agar Baterai Android Tidak Boros dan Tahan Lama

Banyak pengguna awam mengeluhkan baterai androidnya cepat habis, boros dan tidak tahan lama. Ada beberapa faktor penyebab baterai android kamu cepat habis, untuk mengatasinya silahkan baca tips Agar Baterai Android Tidak Boros dan Tahan Lama.

Memang benar disini akan dibahas bagaimana cara mengantisipasi atau menangani jika baterai handphone android kamu cepat habis, boros dan tidak tahan lama. Simak baik-baik apa yang kamu harus lakukan agar baterai android kamu tidak cepat habis, boros dan tidak tahan lama.


Wallpaper Hitam


Wallpaper hitam dapat mereduksi daya serap baterai. Jika kamu pengguna handphone android dengan layar AMOLED seperti keluarga samsung, coba kamu gunakan background (latar belakang) yang berwarna hitam.

Warna hitam dapat meningkatkan masa pakai baterai android kamu, karena layar amoled hanya menerangi pixel yang berwarna.

Cobalah ganti background kamu, jika kamu tidak tahu bagaimana cara mengganti background android, bisa baca di postingan sebelumnya tentang bagaimana cara mengganti background android.

Mode Sleep


Percepat mode sleep (mode tidur) handphone android kamu, agar ketika tidak digunakan handphone akan tidur (sleep) dan tentunya akan menguraingi daya serap baterai.

Matikan Google Asistant


Ada beberapa aplikasi google yang menurut kami tidak terlalu penting di gunakan, karena bisa menggunakan cara lain untuk mengkases fitur yang berkaitan.

Contohnya google assistant, google assitant ini akan berjalan dengan sendirinya, dan menggunakan voice recognition dan tentunya menyerap daya baterai yang tidak sedikit, jika kamu tidak pernah menggunakannya sebaiknya dimatikan.

Caranya cari pengaturan google lalu pilih Google Assistant dan di pengaturannya pilih matikan.

Update Aplikasi


Seringnya pengguna mengabaikan untuk mengupdate aplikasi yang ada di handphone androidnya, padahal ini sangat penting.

Karena pada update beberapa aplikasi para developer akan meningkatkan performa aplikasi yang dibuatnya. Maka, cobalah update beberapa aplikasi.

Matikan Aplikasi yang Tidak Digunakan


Selain akan memenuhi memori internal android kamu, aplikasi juga akan menyerap daya baterai kamu jika aplikasi tersebut berjalan di background. Sayang bukan, aplikasi tidak pernah dipakai tapi menggerogoti umur baterai kamu.

Jadi sebaiknya jika ada aplikasi yang tidak pernah digunakan, baiknya uninstall atau hapus saja.

Gunakan Lite atau Pro untuk Aplikasi


Coba untuk menggunakan aplikasi dengan versi lite, karena aplikasi ini memangkat beberapa fitur yang membuat handphone bekerja lebih, misalnya gunakan aplikasi Facebook Lite, Line Lite atau aplikasi yang lainnya.

Bersihkan Cache atau File Sampah


Membersihkan file sampah dan cache di smartphone kamu akan membuat kinerjanya semakin optimal dan tentunya hemat baterai. Pada smartphone keluaran terbaru biasanya sudah memiliki aplikasi pembersih file bawaan. Tapi bagi yang belum ada, kamu bisa download aplikasi pembersih seperti CCleaner, Clean Master, atau 1 Tap Cleaner.

Matikan Mode Getar


Tidak dipungkiri memang mode getar ini sangat menyerap baterai yang lumayan, karena sistemnya bekerja menjalankan komponen hardware, kalau kita analogikan seperti memutar dinamo. Baterai akan bekerja lumayan ekstra.

Gunakan Dark/Night Mode


Menggunakan Dark Mode atau yang kadang disebut juga Night Mode (Mode Malam) akan membuat android kamu semakin hemat baterai. Fitur ini akan mengubah tema dan sebagian besar aplikasi untuk membuatnya menampilkan warna gelap seperti hitam atau abu-abu.

Sinkronisasi Otomatis


Sinkronisasi otomatis membuat aplikasi merefresh data secara otomatis tiap beberapa menit sekali, contohnya gmail, jika kamu tidak terlalu sering menggunakannya sebaiknya matikan sinkronisasi otomatis, gunakanlah ketika kamu membukanya.

Posting Komentar untuk "10 Tips Agar Baterai Android Tidak Boros dan Tahan Lama"