Skip to main content

Cara Decrypt dan Decode File JS

Cara Decrypt dan Decode File JS

Rekan-rekan blogger pasti sudah pernah tahu, mendengar, atau bahkan pernah menerapkan penggunaan Page Navigation di Blogger. Bagi yang belum tahu, page navigation adalah salah satu cara yang dapat dilakukan blogger untuk dapat memberikan nomor halaman di blognya. Fitur ini tidak tersedia secara default di Blogger sehingga seorang Blogger harus menambahkan sendiri scriptnya melalui menu Edit HTML.

Banyak teknik yang bisa digunakan untuk menambahkan Page Navigation ini namun di sini saya tidak mengulas caranya. Sebagai contoh kasus mungkin anda bisa membaca artikel "Numbered Page Navigation for Blogger" dari Abu Farhan. Bila anda telusuri lebih lanjut, cara ini menggunakan file .js (JavaScript) terkompresi dan terenkripsi menggunakan "packer" dari Dean Edwards dalam file "pagenaviv202-min.js". Mungkin ada bertanya-tanya, bagaimana caranya membaca file yang dienkripsi tersebut?

Sekarang saya akan membeberkannya cara mendekripsi file JavaScript tersebut. Cara ini dapat dilakukan dengan membalik logika enkripsi yang ditawarkan di situs packer dari Dean Edwards. Mula-mula yang kita lakukan adalah bookmark link di bawah ini (bookmarklet):

reEnable

Cara bookmark cukup mudah, klik kanan link di atas dan pilih menu Bookmark this link (tergantung browser). Kemudian bukalah situs packer yang saya sebutkan di atas atau klik di sini. Setelah halaman selesai loading, buka bookmark tadi melalui menu Bookmark - reEnable. Paste kode JavaScript yang terdapat dalam file "pagenaviv202-min.js" ke kolom bawah/kolom kedua di halaman situs packer. Klik tombol Decode untuk mulai mendekripsi script yang sebelumnya tidak terbaca.

Tadaa..! Sekarang isi sebenarnya dari script tersebut dapat dilihat dan dibaca (bahkan dimodifikasi :) ).

Namun anda pasti bertanya-tanya, kok kodenya seolah tidak ada enter (line break) atau spasinya ya? Jangan khawatir, cobalah manfaatkan layanan JavaScript Tidy yang bisa diperoleh di sini. Copy-paste semua kode yang berhasil didekripsi di atas ke kolom yang tersedia di TidyJS kemudian klik tombol Tidy. Sekarang sudah tampak seperti bahasa JavaScript sebenarnya, bukan?

Catatan: Artikel ini saya tulis bukan dengan maksud untuk menghapus copyright oleh saudara Abu Farhan, namun hanya sebagai contoh pembelajaran semata. Lakukan semua dengan bertanggung jawab.
UPDATE: Cara di atas mungkin sudah tidak bisa digunakan. Gambar dalam proses pemulihan.

Silahkan tulis pesan sesuai topik artikel. Dilarang pasang komentar SPAM dan SARA!
Buka Komentar
Tutup Komentar