Skip to main content

Script Anti Copy-Paste di Blogger

Script Anti Copy-Paste di Blogger

Plagiat adalah momok menakutkan bagi sebagian besar blogger di dunia. Kemudahan mencari artikel menarik di internet kemudian melakukan copy - paste adalah hal yang sangat mudah dilakukan. Kali ini saya mencoba membagikan kode script anti copy-paste di Blogger untuk mencegah atau setidaknya menghalangi orang untuk mencuri artikel kamu.

Banyak orang melakukan plagiat agar web atau blognya memiliki posting artikel yang menarik. Padahal, plagiat sama saja dengan pencurian dan pelakunya bisa dituntut hukum pidana atas hak kekayaan intelektual.

Script ini khusus untuk platform Blogger/Blogspot saja. Cara kerjanya adalah dengan mematikan fungsi seleksi teks (disable text selection) di seluruh halaman blog. Dengan dimatikan fungsi seleksi maka fungsi copy dan paste juga tidak bisa dilakukan.

Ada 2 cara yang bisa kamu lakukan untuk memasang kode atau script anti copy paster ini, yakni melalui widget dan edit HTML. Cukup pilih salah satu saja. Cara paling mudah adalah dengan melalui widget karena kamu tidak perlu membongkar kode HTML template.

Cara pasang kode anti copy-paste di Widget Blogger


Kode ini untuk dipasang di widget Blogger. Kelemahannya, semua teks tidak bisa di-copy. Jika website  atau blog kamu bukan situs tutorial atau yang membutuhkan copy-paste script, maka kamu bisa gunakan cara ini.

Buka Dashboard blog kamu lalu masuk ke menu Layout. Tambahkan widget baru dengan jenis HTML/JavaScript di bagian mana saja lalu isi dengan script di bawah ini:

<!-- Script Anti Copy Paste - Oom.web.id -->
<script type="text/javascript">
var omitformtags=["input", "textarea", "select"]
omitformtags=omitformtags.join("|")
function disableselect(e){
if (omitformtags.indexOf(e.target.tagName.toLowerCase())==-1)
return false
}
function reEnable(){
return true
}
if (typeof document.onselectstart!="undefined")
document.onselectstart=new Function ("return false")
else{
document.onmousedown=disableselect
document.onmouseup=reEnable
}
</script>
<!-- Script Anti Copy Paste - Oom.web.id -->

Lalu jangan lupa tekan tombol Simpan dan lihat hasilnya.

Cara Pasang Anti Copy Paste di Blogger via Edit HTML


Kode kedua ini lebih cocok untuk situs web atau blog yang berisi tutorial dimana kamu harus memasang script atau kode tertentu karena nantinya masih bisa diseleksi dan di-copy.

Untuk cara ini kamu perlu masuk ke menu Theme - Edit HTML. Kemudian carilah kode
]]></b:skin>

Jika sudah ketemu, copy-paste kode di bawah ini tepat di atasnya :
/* Script Anti Copy Paste - Oom.web.id */
.post { -webkit-touch-callout:none; -webkit-user-select:none; -khtml-user-select:none; -ms-user-select:none; -moz-user-select:none; }
.post pre,.post code { -webkit-touch-callout:text; -webkit-user-select:text; -khtml-user-select:text; -ms-user-select:text; -moz-user-select:text; }

Jangan lupa klik tombol Simpan dan lihat hasilnya. Dibandingkan dengan kode anti copy paste via widget, kode via Edit HTML ini lebih nyaman karena semua teks/code yang dituliskan dengan tag <code> dan <pre> masih bisa diseleksi dan di-copy. Semoga membantu.

Update: Untuk mengetahui cara memasang kode atau script HTML, PHP, CSS, JavaScript, dan semua bahasa pemrograman lainnya silahkan baca di artikel saya Cara Pasang Syntax Highlighter Sederhana.

Silahkan tulis pesan sesuai topik artikel. Dilarang pasang komentar SPAM dan SARA!
Buka Komentar
Tutup Komentar