Skip to main content

Cara Mengkonsumsi Habbatussauda yang Benar

Cara Mengkonsumsi Habbatussauda

Habbatussauda atau Jintan hitam sangat populer sebagai salah satu suplemen kesehatan. Aneka produk olahan habbatussauda seperti kapsul, minyak, hingga madu murni yang dicampur habbatussauda banyak beredar di pasaran. Lalu bagaimana cara mengkonsumsi habbatussauda yang benar?

Dalam Islam, habbatussauda menjadi salah satu sunnah dari Nabi Muhammad SAW dan disebut sebagai obat dari segala penyakit. Anjuran ini tertuang dalam hadits tentang habbatussauda oleh Bukhari dan Muslim.

Dari hasil penelitian medis terbukti bahwa habbatussauda memang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Kandungan zat-zat penting dalam habbatussauda diantaranya vitamin, kalsium, natrium, kalium, protein, asam amino, asam limonelat, saponin, dan minyak atsiri.

Salah satu zat kimia penting yang terkandung dalam habbatusauda adalah pregnenolone. Zat ini membantu menjaga keseimbangan hormon dalam tubuh yang mempengaruhi fungsi seluruh organ. Dengan kadar hormon yang seimbang akan meningkatkan daya tahan tubuh dari segala penyakit, membantu metabolisme tubuh, menjaga tekanan darah, keseimbangan air, dan kerja ginjal.

Adapun khasiat dan kegunaan habbatussauda secara empiris dapat membantu memelihara kesehatan, meningkatkan daya tahan tubuh, dan melancarkan peredaran darah. Sedangkan manfaat secara khusus yang akan dirasakan oleh tubuh diantaranya:
  • Membantu proses pencernaan
  • Menurunkan kadar kolesterol
  • Memiliki sifat anti kanker
  • Ampuh melawan bakteri berbahaya
  • Mengendalikan kadar gula dalam darah
  • Meningkatkan konsentrasi dan daya ingat
  • Mencegah jerawat
  • Meredakan radang sendi
  • Mencegah penyakit maag dan tukak lambung
  • Meningkatkan vitalitas pria

Cara Konsumsi Habbatussauda


Meskipun manfaat dan kegunaannya sangat banyak, tentu harus ada dosisnya karena sesuatu yang berlebihan juga tak baik bagi tubuh. Mengkonsumsi habbatussauda bisa dilakukan setiap hari tapi tidak perlu terlalu banyak.

Jika habbatussauda dikonsumsi dalam bentuk pil atau kapsul maka cukup 1-3 butir saja setiap pagi dan malam. Sedangkan jika dikonsumsi dalam bentuk minyak cukup 1 sendok makan setiap pagi dan sore hari.

Yang penting jangan sampai terlewat agar tubuh bisa mendapat manfaat habbatussauda secara berkesinambungan. Untuk kamu yang tidak suka dengan aromanya bisa mengkonsumsi habbatussauda dengan buah-buahan seperti nanas, mangga, pepaya, atau semangka.

Silahkan tulis pesan sesuai topik artikel. Dilarang pasang komentar SPAM dan SARA!
Buka Komentar
Tutup Komentar