Skip to main content

Ini Manfaat Timun Rebus yang Harus Kamu Tahu

Manfaat Timun Rebus dan cara membuatnya

Akhir-akhir ini mengkonsumsi timun rebus menjadi tren. Ternyata ada alasannya, timun rebus diketahui memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Berikut adalah manfaat timun rebus yang harus kamu tahu dan cara membuatnya.

Timun atau mentimun adalah salah satu jenis buah dan sayuran yang jamak kita temui. Kita biasa mengkonsumsi timun baik sebagai campuran makanan atau minuman. Makanan lalapan atau pecel tidak akan lengkap rasanya jika tidak ditemani irisan atau potongan timun. Begitupun dengan nasi goreng yang harus selalu disertai dengan acar timun.

Selain dijadikan sebagai pendamping masakan, timun juga biasa disajikan mentah dalam bentuk irisan. Kamu bisa langsung menkonsumsinya setelah dicuci terlebih dahulu. Rasanya yang renyah dan sangat segar akan memberikan sensasi dingin jika disantap di siang hari yang terik.

Pada bidang kecantikan, timun dikenal dapat membuat kulit wajah menjadi halus dan mengecilkan pori-pori. Jerawat yang bandel pun akan lenyap dengan mentimun. Oleh karenanya timun sering dijadikan sebagai masker bagi wanita.

Buah timun mudah kita jumpai mulai dari warung dekat rumah, pasar tradisional, hingga supermarket besar. Harganya yang murah membuat banyak orang tidak akan kesulitan membawanya pulang sebagai barang belanjaan.

Cara Membuat Timun Rebus


Untuk membuat timun rebus sebenarnya sangat mudah. Timun bisa direbus secara utuh atau diiris tipis terlebih dahulu. Kemudian masukkan timun ke dalam panci berisi air lalu didihkan. Rebus timun selama kurang lebih 5 menit hingga layu barulah dikonsumsi.

Selain dengan langsung merebusnya, ada juga resep timun rebus yang enak dan nikmat. Kamu bisa mencobanya di rumah dengan bahan-bahan yang tersedia di dapur. Berikut adalah resepnya.

resep masakan timun rebus enak

Resep Timun Rebus Enak dan Lezat

Bahan-bahan:
  • 4 buah timun ukuran kecil
  • 1 liter air untuk merebus

Bumbu-bumbu (diiris tipis):
  • 1 siung bawang putih
  • 2 siung bawang merah
  • 1 ruas lengkuas
  • 1 lembar daun salam

Pelengkap:
  • 1 sdt gula pasir
  • 1 sdt penyedap rasa

Cara Membuat:
  1. Masukkan timun ke dalam panci berisi air.
  2. Masukkan semua bumbu ke dalamnya.
  3. Tutup panci kemudian rebus timun hingga air mendidih.
  4. Tambahkan gula pasir dan penyedap rasa.
  5. Rebus kembali hingga matang.

Timun rebus dari resep ini bisa kamu nikmati secara langsung atau disajikan dengan sepiring nasi hangat. Tips: pilih timun yang masih berwarna hijau dan berukuran kecil. Kesegaran timun bisa kamu lihat dari fisiknya yang kaku dan keras, tidak lembek, dan tidak berbau.

Manfaat Timun Rebus


Di balik rasanya, timun diketahui memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan. Timun telah terbukti dapat menurunkan kadar kolesterol dan menurunkan tekanan darah yang tinggi.

Jika biasanya timun hanya dikonsumsi secara langsung, ternyata timun juga memiliki khasiat lain jika direbus terlebih dahulu. Timun rebus memang jarang kita jumpai, kecuali sebagai pelengkap lalapan. Yang mengkonsumsinya pun juga jarang karena timun lebih sering dikonsumsi secara langsung.

Buat kamu yang penasaran, ini khasiat timun rebus buat kesehatan yang harus diketahui:
  1. Mengobati diare atau mencret
    Selain oralit, kamu juga bisa mengkonsumsi timun rebus sebagai pengganti cairan tubuh saat sedang diare. Selain itu timun juga bisa cepat meredakan gejala diare.

  2. Mengatasi masalah pencernaan
    Timun yang telah direbus diketahui dapat meredakan iritasi dan peradangan. Perbanyak konsumsi timun rebus saat kamu sedang sakit maag atau penyakit lambung seperti GERD (gastroesophageal reflux disease).

  3. Mengeluarkan racun dari dalam tubuh
    Timun memiliki kadar air yang tinggi dan elektrolit. Mengkonsumsi timun rebus membuat zat-zat yang bersifat racun dari dalam tubuh akan keluar bersama dengan urin dan atau keringat.

  4. Mengatasi anyang-anyangan dan batu ginjal
    Timun rebus diketahui dapat melarutkan batu ginjal sehingga akan langsung mengatasi anyang-anyangan yang diakibatkan oleh kualitas air minum yang buruk.

  5. Manfaat timun rebus untuk diet
    Timun memiliki kadar air yang tinggi tapi rendah kalori, oleh karenanya sangat baik dikonsumsi oleh penderita diabetes atau orang yang sedang menjalankan diet.

  6. Melawan Sel Kanker
    Timun memiliki kandungan zat lariciresinol, pinoresinol dan secoisolariciresinol yang diketahui dapat mencegah penyakit kanker payudara, kanker rahim, kanker ovarium, dan kanker prostat.

Itulah khasiat dan manfaat yang akan kamu rasakan setelah mengkonsumsi timun rebus. Ternyata khasiat timun rebus tidak kalah dengan timun segar. Dengan banyaknya manfaat yang bisa dirasakan, setidaknya sekali saja kamu mencoba konsumsi timun rebus. Semoga bermanfaat.

Silahkan tulis pesan sesuai topik artikel. Dilarang pasang komentar SPAM dan SARA!
Buka Komentar
Tutup Komentar